HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Kunjungan ke Mojokerto, Gibran Rakabuming Bahas Revolusi 5.0 dan Peran Santri di Pondok Pesantren

Kunjungan ke Mojokerto, Gibran Rakabuming Bahas Revolusi 5.0 dan Peran Santri di Pondok Pesantren

Gibran Rakabuming saat memberi sambutan dihadapan ratusan santri PP Amantul Ummah, Pacet Mojokerto. -(Foto : Fio Atmaja).-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id – Calon Wakil Presiden nomor urut dua, Gibran Rakabuming berkunjung di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jum’at (24/11/2023).

 

Iringan hadrah menyambut  kedatangan putra sulung dari Presiden RI ke 7 ini sekitar pukul 11.00 WIB. Ia disambut KH Asep Saifuddin Chalim, dan Muhammad Al-Barra. Turut hadir juga wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak.

Lawatan perdana Gibran tersebut dalam rangka menghadiri  silaturahmi dan dialog kebangsaan di PP Amanatul Ummah. Bukan hanya itu, ia juga mengikuti salat Jum’ at bersama ratusan santri.

Usai melakukan salat Jum’at berjamaah, ia diberi kesempatan untuk menyapa para santi oleh KH Asep. Dalam sambutannya, Gibran mengatakan bahwa pada awal –awal deklasari telah menyampaikan dana abadi pesantren.

“Ini kan sudah ada undang-undangnya. Mohon nanti pak kiai dan para tokoh agama bisa mengawal agar program ini benar-benar bisa terealisasi," ucapnya saat memeberi sambutan dihadapan para santri dan ulama.

Selain itu, ia juga membahas program kedepan untuk santri. Menurutnya sekarang era Revolusi Industri 5.0.

“Jadi santri harus 5.0 juga, biasanya santi pintar ngaji, dakwah, santri diharapkan juga bisa menjawab tantangan zaman, jadi santri faham program coding, dakwah menggunakan teknologi, dan digitalisasi,” bebernya.

Bukan hanya itu di beberapa pondok, santri diarahkan menjadi petani yang manfaatkan teknologi AI, manfaatkan mesin.

“Kedepannya santri diharapkan bisa menjawab tantangan zaman. Dan kalau ingin menuju Indonesia emas, kita juga harus mencermelangkan generasi emas juga,” tambahnya. (*)

Sumber:

b