Tinjau TPS 02 di Kelurahan Sentanan, Plh Gubernur Jatim sebut Kota Mojokerto Kreatif Inovatif

Tinjau TPS 02 di Kelurahan Sentanan, Plh Gubernur Jatim sebut Kota Mojokerto Kreatif Inovatif

Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono menjelaskan kesannya tentang TPS 02 Kelurahan Sentanan, dan jalannya pemilu di Kota Mojokerto dan Jawa Timur-Disway Mojokerto-

 

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dan Forkopimda Provinsi Jawa Timur meninjau TPS 02 Kelurahan Sentanan di SMPN 7 Kota Mojokerto, Rabu 14/2/24. Di TPS yang didesain model rumah dengan gunungan wayang kulit dengan gamelan itu digambarkan sebagai Kampung Toleransi.

 

Rombongan Forkopimda yang ikut dalam kunjungan tersebut antara lain Kapolda Irien Pol Imam Sugianto, Pangdam B/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Pangarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan, S.T, M.Si, CHMRP, M.Tr.Opsla. Selain itu ada juga Kajati Jatim Dr Mia Amiati, SH, MH, Ketua KPU Jatim Choirul Anam, Danrem 082/CPYJ Kol Heri Rustandi dan Forkopimda Kota Mojokerto serta jajaran. 


Mas Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro, S.STP, M.Si menyambut Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dan menjelaskan TPS 02 Kelurahan Sentanan yang disebut sebagai Kampung Toleransi-Disway Mojokerto-

 

Gubernur Adhy Karyono dan Forkopimda Provinsi Jawa Timur serta jajarannya tersebut diterima Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro, S.STP, M.Si dan jajaran forkopimda Kota Mojokerto di depan halaman SMPN 7 Kota Mojokerto. Sambil berjalan memasuki halaman sekolah yang dihiasi ornamen tulisan huruf Hanacaraka, Pj Wali Kota Mojokerto, M Ali Kuncoro, S.STP, M.Si menjelaskan tentang konsep yang digunakan di TPS 02 SMPN 7 Kota Mojokerto. 

 

‘’Konsepnya Kampung Toleransi, menggambarkan persatuan, kerukunan, dan toleransi dari berbagai kelompok dan golongan,’’ katanya.

 

Memang TPS 02 Kelurahan Sentanan di SMPN 7 Kota Mojokerto terletak di tengah kawasan usaha perdagangan di Kota Mojokerto. Sehingga ada berbagai kelompok masyarakat, ada berbagai tempat ibadah, seperti masjid, gereja, dan klenteng.

 


Papan ucapan selamat datang di TPS 02 Kelurahan Sentanan menggunakan tulisan aksara Jawa yang berbunyi Sugeng Rawuh-Disway Mojokerto-

 

Memasuki halaman SMPN 7, ada ornamen bertulisan aksara Jawa yang berbunyi ‘Sugeng Rawuh Wontem TPS 02 Kelurahan Sentanan’. Mas Pj Wali Kota kemudian mengajak Plh Gubernur Jatim Adhy Karyono dan rombongan memasuki salah satu ruang kelas yang digunakan sebagai TPS. 

 

Di samping pintu masuk ada seperangkat gamelan jawa yang dimainkan siswa SMPN 7 Kota Mojokerto. Di dalam ruangan tersebut, Pj Wali Kota M Ali Kuncoro S.STP, M.Si menjelaskan mekanisme pencoblosan di TPS yang merupakan salah satu TPS tematik di Kota Mojokerto.

 

Usai meninjau pelaksanaan coblosan dan suasana di TPS 02 Kelurahan Sentanan, Plh Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pj Wali Kota dan jajaran Pemerintah Kota Mojokerto dan forkopimda, Termasuk KPU dan Bawaslu Kota Mojokerto. 

 

‘’Ini pesta demokrasi, jadi memang salayaknya dibuat semeriah dan ceria seperti di TPS ini. Ini luar biasa. Kerjasama yang baik antara Forkopimda Kota Mojokerto bersama KPU dan Bawaslu Kota Mojokerto patut diapresiasi,’’ katanya.

 

Disebutkan bahwa apa yang dilakukan di TPS 02 Kelurahan Sentanan benar-benar menunjukkan kreativitas dan inovasi. ‘’Sehingga masyarakat yang memiliki hak pilih dan mencoblos di TPS ini juga mendapat hiburan. Coblosan di TPS ini jadi menyenangkan,’’ tambahnya.

 

Usai meninjau TPS 02 Kelurahan Sentanan, Plh Gubernur Jatim dan rombongan menuju Rumah Rakyat. 

 

Sementara itu, Mas Pj Wali Kota Mojokerto, M Ali Kuncoro, M.Si, usai mendampingi dan memandu Plh Gubernur Jatim, Adhy Karyono dan rombongan, mengatakan, pihaknya bersyukur pemilu di Kota Mojokerto bisa berlangsung aman dan lancar. ‘’Alhamdulillah coblosan berjalan aman,’’ katanya.

 

‘’Kerja-kerja yang selama ini kami siapkan bersama teman-teman di jajaran Pemkot Mojokerto, juga teman-teman penyelenggara, KPU dan Bawaslu bisa dilihat hasilnya hari ini,’’ sambungnya.

 

Ali Kuncoro mengakui ada sedikit masalah tetapi masih dalam koridor yang bisa diatasi dan diselesaikan. ‘’Kerja yang responsif dari KPU dan Bawaslu tentu akan kita apresiasi,’’ sahutnya.

 

Sampai menjelang siang, Ali Kuncoro mengaku dapat laporan bahwa tingkat partisipasi masyarakat juga tinggi. ‘’Di salah satu kecamatan, di Prajurit Kulon, tingkat partisipasi masyarakat sudah di atas 80%. Ini juga menggembirakan,’’ tuturnya.

 

Kondisi kamtibmas selama coblosan juga aman terkendali. ‘’Alhamdulillah sampai saat ini kondisi aman. Ini juga berkat doa seluruh masyarakat Kota Mojokerto, juga para ulama. Semua ikut mendoakan. Alhamdulillah situasi aman,’’ paparnya. 

 

Dia juga berharap semua masyarakat Kota Mojokerto yang mempunyai hak pilih juga memanfaatkan kesempatan yang ada. ‘’Semoga hasilnya semoga yang terbaik. Yang terbaik untuk masyarakat juga yang terbaik untuk kita semua,’’ pungkasnya. (*)

 

 

Sumber:

b