HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Cuaca Ekstrem, Satu Pohon Tumbang di Mojokerto Timpa Warung

Cuaca Ekstrem, Satu Pohon Tumbang di Mojokerto Timpa Warung

Proses evakuasi pohon tumbang di Trawas Mojokerto. -Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Hujan disertai angin kencang mengguyur Kecamatan Trawas pada Selasa (27/2) sore, mengakibatkan pohon jenis bulu tumbang di Desa Penanggungan, Trawas, Mojokerto, Rabu (28/2024).

Satu warung kopi di tepi jalan raya alternatif menuju wisata Trawas tertimpa dan mengalami kerusakan serta menutup jalan.

"Berdasarkan laporan dari masyarakat, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 07.00 WIB," ucap Kepala RPH Perhutani Trawas, Sukirno kepada Disway Mojokerto.

Sukirno menjelaskan, pohon bulu tumbang berukuran besar berada di petak 17 A RPH Trawas.

"Ukuran pohon kurang lebih diameternya 5 meter. Faktor penyebab karena akar sudah lapuk dan kondisi tanah yang gembur akibat hujan," bebernya.


Cuaca Ekstrem, Satu Pohon Tumbang di Mojokerto Timpa Warung-Foto : Fio Atmaja-

Jalur alternatif kawasan wisata Trawas ini ramai aktivitas warga mulai pagi hari. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat pohon tumbang ini meski menimpa satu warung kopi.

"Alhamdulillah tidak ada korban, karena pemilik warung sedang keluar dan kondisi jalan sedang sepi. Biasanya ini ramai warga melintas," ujarnya.


--

Saat ini masih dilakukan evakuasi dan pembersihkan di lokasi pohon tumbang bersama petugas gabungan Perhutani, BPBD kabupaten Mojokerto, relawan, masyarakat, TNI/Polri.

"Akses jalan tertutup tapi untuk kendaraan roda dua masih bisa lewat. Sedangkan kendaraan roda empat yang tidak bisa lewat, kendaraan roda empat ada pengalihan lewat Penanggungan-Sukosari karena ada perbaikan jembatan,” tambahnya. (*)

Sumber:

b