1.106 Pantun Akan Memeriahkan HUT ke 106 Kota Mojokerto

1.106 Pantun Akan Memeriahkan HUT ke 106 Kota Mojokerto

Mas Pj Wali Kota dalam sebuah kesempatan dengan siswa-siswi SD di Kota Mojokerto-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id -  Pemerintah Kota (Pemkot) berkolaborasi dengan salah satu media cetak di Mojokerto,  akan menggelar lomba menulis 1.106 pantun untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-106 Kota Mojokerto.

Lomba yang akan diikuti ratusan siswa SD dan SMP se-Kota Mojokerto ini dilaksanakan pada Jumat, 14 Juni 2024 di Atrium Sunrise Mall Mojokerto.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto M. Ali Kuncoro menyebut event ini juga menjadi upaya melestarikan budaya leluhur, mengingat pantun sudah menjadi ciri khas bangsa Indonesia dan beberapa negara rumpun Melayu lainnya.


Mas Pj Wali Kota bersama para siswa-Diskominfo Kota Mojokerto for Disway Mojokerto-

"Mengenalkan pantun kepada anak-anak merupakan upaya yang bagus, karena selain membuat terhibur, mereka sekaligus belajar. Secara tidak sadar akan tersisip pesan-pesan moral yang tersirat di dalamnya," ungkap Ali Kuncoro.

BACA JUGA:Halte Bus Trans Jatim Koridor 3 Rute Mojokerto - Gresik Bertambah

Lebih lanjut, sosok yang akrab disapa Mas Pj tersebut mengatakan melalui pantun juga dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa pada anak serta memperbanyak kosa kata.

"Lewat pantun juga bisa melatih kemampuan mengingat dan sangat berpengaruh pada usia emas anak. Ini bagus untuk pertumbuhan mereka," ulas Mas Pj.

BACA JUGA:Program Jum'at Bangkit, Upaya Tingkatkan Kesehatan ASN di Pemkab Mojokerto

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto Ruby Hartoyo menjelaskan lomba menulis pantun ini akan diikuti sekitar 500 lebih siswa SD dan SMP se-Kota Mojokerto, dengan tema pantun seputar Kota Mojokerto.

BACA JUGA:Langkah Preventif Turunkan Stunting, Pemkab Mojokerto Gelar AKS

"Masing-masing anak nantinya akan membuat dua pantun yang akan ditulis di media koran yang sudah disiapkan," terang Ruby Hartoyo.

Nantinya akan diambil tiga juara pada masing- masing kategori.  Yakni juara 1,2, dan 3 untuk jenjang SD, serta juara 1,2, dan 3 untuk jenjang SMP, dengan hadiah uang pembinaan senilai total 13 Juta Rupiah. (*)

 

Sumber:

b