HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Peringati Hari Kelautan Nasional, Pemkab Jember 'Bersih-bersih' Pantai Payangan

Peringati Hari Kelautan Nasional, Pemkab Jember 'Bersih-bersih' Pantai Payangan

Bupati Jember Hendy Siswanto bersama aktivitis lingkungan ikut hadir pada kegiatan bersih-bersih Pantai Payangan, Ambulu, Jember-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Jember-

Jember, Mojokerto.disway.id - Dalam rangka memperingati Hari Kelautan Nasional, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember bersama Dinas Perikanan Kabupaten Jember melakukan kegiatan bersih pantai Payangan dan membersihkan saluran air pada Minggu 14/7/2024.

Kegiatanmembersihkan pantai Payangan tersebut juga diikuti oleh beberapa komunitas pecinta laut, komunitas peduli lingkungan, dan diikuti pula oleh Muspika Kecamatan Ambulu dan masyarakat sekitar pesisir pantai.

Pada kesempatan itu, Bupati Jember Hendy Siswanto ikut hadir di Pantai Payangan. Dalam sambutannya Bupati Jember mengungkapkan, kebersihan pesisir pantai Payangan tidak hanya menjadi tanggungjawab masyarakat sekitar saja,n amun menjadi tanggungjawab bersama.

‘’Kebersihan pesisir Pantai tidak hanya menjadi tanggung jawab masyarakat sekitar pesisir Pantai, namun merupakan tanggung jawab kita bersama,’’kata Bupati Hendy.


Kegiatan bersih-bersih pantai Payangan diikuti seluruh elemen masyarakat yang peduli lingkungan-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Jember-

Bupati berharap kegiatan bersih-bersih pantai tidak hanya dilakukan saat ada moment atau acara peringatan tertentu saja, tetapi menjaga kebersihan pantai harus konsisten dilakukan setiap saat.  

‘’Jika pantainya bersih akan  menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke pantai Payangan,’’ ujarnya.

Hendy mengungkapkan, Kabupaten Jember memiliki beragam wisata pantai yang cukup indah. Salah satunya yaitu Pantai Payangan. Untuk itu, kebersihan pantai wajib diperhatikan. Sebab, pantai yang bersih pasti akan menarik para wisatawan. 

BACA JUGA: Sepeda Santai dan Parade Traktor Semarakkan Peringatan Hari Koperasi di Kencong, Jember

"Tolong diingatkan juga untuk para pengunjung agar tidak mandi di titik tersebut yang ada di Payangan. Keamanan di wisata juga penting," tambahnya. 

Selain itu Pemkab Jember, kata dia, merencanakan pembangunan pedestrian sepanjang 1,2 kilometer di sepanjang pesisir pantai. Hendy berharap melalui hal ini bisa menjadi potensi untuk memaksimalkan pantai juga mengembangkan wisata di pantai Watu Ulo.

"Jadi nanti seperti di Kuta bentuknya. Nanti rumah makan, resto akan kita atur supaya lebih bagus. Termasuk di Payangan ini harus kita jaga juga," kata dia. 


Bupati Jember Hendy Siswanto berfoto bersama masyarakat di sela-sela kegiatan berish-berish pantai Payangan-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Jember-

Dalam acara bersih-bersih pantai Payangan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jember mengerahkan tiga dumptruck pengangkut sampah dan 30 petugas kebersihan di wilayah selatan untuk turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Sampah yang diperoleh meliputi sampah rumah tangga dan tumpukan ranting.

Sumber:

b