HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Hadiri Pengukuhan DPD Perhiptani, Bupati Pinta Garap Serius Sektor Pertanian

Hadiri Pengukuhan DPD Perhiptani, Bupati Pinta Garap Serius Sektor Pertanian

Pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Mojokerto untuk masa bakti 2024-2029.-Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, Diswaymojokerto, id -Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati meminta agar penyuluh pertanian bisa menggarap secara serius sektor pertanian untuk bisa lebih maju dan berkembang.

Hal ini disampaikan Ikfina saat menghadiri pengukuhan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Mojokerto untuk masa bakti 2024-2029. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Villa Padusan, Kecamatan Pacet, Jum'at (20/9) sore.

Hal tersebut ditekankan Bupati Ikfina karena seperti tenaga kerja di Bumi Majapahit terlibat di sektor pertanian, sehingga dengan adanya kemajuan di sektor pertanian dapat berpeluang menyumbang besar terhadap Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

"Ini tantangan buat kita semuanya. Kita punya tanah yang subur di Kabupaten Mojokerto. Bagaimana kita menjaga dan meningkatkan kesuburannya, bagaimana kita meningkatkan teknologi pertanian kita. Serta bagaimana kita harus meningkatkan pengairan pertanian kita, semuanya kita garap secara menyeluruh dengan koordinasi dan kolaborasi yang baik," jelas Bupati Ikfina.

BACA JUGA: Any Mahnunah Serahkan Sertifikat Tanah Wakaf Seluas 320 Meter Persegi untuk Pembangunan Masjid

BACA JUGA: BPBD Mojokerto Ajukan BTT Rp 225 Juta untuk Lanjutkan Bantuan Air Bersih di Tiga Desa Terdampak Kekeringan

 

Bupati Ikfina juga mengatakan, untuk mewujudkan sektor pertanian yang maju sangat diperlukan sinergitas antara Dinas Pertanian dengan Dinas PUPR dalam pembangunan sistem irigasi sawah.


Bupati Ikfina Fahmawati saat sambutan di Pengukuhan DPD Perhiptani Mojokerto.-Kominfo Kabupaten Mojokerto-

"Saya minta pemetaan, jadi lahan pertanian di Kabupaten Mojokerto untuk disandingkan dengan program pembangunan sistem pengairan irigasi oleh Dinas PUPR Kabupaten Mojokerto, karna pertanian tanpa pengairan atau tanpa irigasi adalah hal yang mustahil," ujarnya.

Orang nomor satu dil ingkup Pemkab Mojokerto juga mengimbau kepada DPD Perhiptani untuk bisa mencetak generasi muda cinta pertanian, sehingga diharapkan kedepan para petani bisa lebih sejahtera dan sektor pertanian juga lebih maju.

"Selamat bertugas, selamat bekerja dan bersiap-bersiap untuk bekerja keras, karena kita sudah punya komitmen dan program bagaimana kita semuanya serius menangani pertanian di Kabupaten mojokerto. Termasuk bagaimana juga menyiapkan SDM-SDM baru dan bagaimana kita menggaet anak-anak muda untuk mau terjun dan terlibat dengan dunia pertanian di Kabupaten Mojokerto," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Nuryadi mengajak DPD Perhiptani yang baru saja dilantik untuk bisa bersinergi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto untuk mewujudkan kemajuan pertanian Bumi Majapahit.

"Saya atas nama Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto mohon petunjuk dan arahan bagaimana kita kedepan bisa bersinergi, bisa berkolaborasi, dan berkoordinasi. Sehingga kedepan tujuan kita membawa petani se-Kabupaten Mojokerto betul-betul sejahtera," harapnya.

Sumber:

b