Perpanjangan Pendaftaran PTPS Ditutup, Bawaslu Kota Mojokerto Siap Gelar Tes Wawancara

Perpanjangan Pendaftaran PTPS Ditutup, Bawaslu Kota Mojokerto Siap Gelar Tes Wawancara

Komisioner Bawaslu Kota Mojokerto dan Korsek Bawaslu Kota-Foto : Elsa Fifajanti-

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Perpanjangan pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) resmi ditutup, Kamis, 10 Oktober 2024. Bawaslu Kota Mojokerto tidak lagi memperpanjang masa pendaftaran, proses seleksi akan berlanjut ke tahap wawancara mulai 12 - 22 Oktober 2024.

Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Dian Pratmawati menjelaskan, perpanjangan pertama dilakukan untuk memenuhi dua kali kebutuhan PTPS dan 30 persen kuota perempuan. 

"Perpanjangan kedua hanya dilakukan jika ada kelurahan yang belum memiliki pendaftar," jelasnya, Jumat, 11 Oktober 2024. 

Bawaslu telah memperpanjang masa pendaftaran karena di beberapa wilayah belum terpenuhi dua kali jumlah kebutuhan PTPS dan kuota perempuan.


Pengawas kelurahan atau desa di Pileg 2024 lalu  : Fio Atmaja-

"Jumlah TPS di Kota Mojokerto ada 192, dan pendaftar yang terdata hingga tanggal 10 Oktober 2024 sebanyak 351 orang, tahap selanjutnya akan dilakukan seleksi wawancara," bebernya. 

Tes wawancara akan dilakukan oleh tiap kecamatan sesuai dengan jadwal yang ditentukan dalam rentang waktu 12 hingga 22 Oktober. 

BACA JUGA:Berburu Kuliner ke Pacet-Mojokerto, Belum Lengkap jika Tidak Mencicipi Susu Murni ala Kedai Pak No

BACA JUGA:Peringati World Rabies Day, Disnak Jatim Adakan Vaksin Rabies Gratis

"Terserah kecamatannya mengatur apakah dilakukan dalam satu hari, dua hari, atau lebih, yang penting masih dalam timeline yang sudah ditentukan," tambahnya. 

Adapun rinciannya, jumlah pendaftar di Kecamatan Magersari mencapai 145 orang, terdiri dari 60 laki-laki dan 85 perempuan, sementara jumlah TPS di kecamatan tersebut adalah 82.


Tempat Pemungutan Suara pada Pemilu Legislatif 2024 lalu-Foto : Fio Atmaja- 

Di Kecamatan Prajurit Kulon, terdapat 104 pendaftar, terdiri dari 51 laki-laki dan 53 perempuan, dengan jumlah TPS 56. Sedangkan Kecamatan Kranggan memiliki 102 pendaftar, dengan rincian 44 laki-laki dan 58 perempuan, untuk jumlah TPS sebanyak 54.

Sebelumnya, rekrutmen PTPS dibuka sejak 12 hingga 28 September 2024. Karena belum memenuhi dua kali kebutuhan, Bawaslu memperpanjang pendaftaran dari 1 hingga 10 Oktober 2024.

Sumber:

b