Menparekraf Sandiaga Uno: Produk Kreatif Kota Mojokerto Berpeluang Besar Bersaing ke Panggung Nasional

Menparekraf Sandiaga Uno: Produk Kreatif Kota Mojokerto Berpeluang Besar Bersaing ke Panggung Nasional

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melihat sandal produk UMKM.-Dok. Kominfo Kota Mojokerto-

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan produk-produk kreatif dari Kota Mojokerto memiliki peluang besar untuk bersaing ke panggung nasional.

"Kami melihat potensi besar di Mojokerto, dan showcase ini adalah bukti nyata bahwa sinergi antara pemerintah, pelaku kreatif, dan masyarakat dapat membawa produk lokal ke panggung nasional," ujar Sandiaga Uno, Selasa, 15 Oktober 2024.

Hal itu disampaikan Mas Menteri panggilan akrabnya, saat menghadiri penyelenggaraan Showcase Hasil Inkubasi 5 Subsektor Ekonomi Kreatif yang menampilkan karya-karya unggulan dari subsektor desain arsitektur & interior, desain komunikasi visual, fesyen, kriya, dan desain produk.

Acara ini diselenggarakan di Halaman Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat Kota Mojokerto, sebagai hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Pemerintah Kota Mojokerto serta Provinsi Jawa Timur.

BACA JUGA: Palang Pintu Perlintasan Kereta Api Damarsi Mojokerto Resmi Beroperasi

BACA JUGA: Peringati Hari Jadi Provinsi Jatim, Pemkot Mojokerto Siap Pecahkan Rekor Muri Mewarnai Batik Terpanjang

Lebih dari sekadar hasil karya, produk-produk kreatif yang ditampilkan juga mengandung elemen warisan budaya Mojokerto. Seperti motif batik khas daerah, kriya berbasis budaya Majapahit, hingga desain modern yang terinspirasi dari flora dan fauna lokal.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melihat katalog produk UMKM.-Dok. Kominfo Kota Mojokerto-

Hal ini menunjukkan kemampuan masyarakat Mojokerto untuk tetap memelihara akar budaya mereka sambil berinovasi.

Sandiaga Uno, yang mengaku sering berkunjung ke Jawa Timur, lebih dari 50 kali selama menjabat, juga memberikan apresiasi pada perkembangan Mojokerto sebagai pusat ekonomi kreatif.

"Habis makan soto minum es, eh Kota Mojokerto semakin sukses!" ucap Sandiaga Uno, memberi pantun, disambut riuh para insan kreatif yang hadir.

"Desain arsitektur untuk PGS yang dipamerkan hari ini memiliki kualitas internasional. Di aspek yang lain, bahkan sepatu merek Giardo dari Mojokerto, yang saya pakai hari ini, sangat nyaman dan sudah dikenal luas," ungkapnya sembari memamerkan alas kakinya.

Sandiaga juga menegaskan bahwa Jawa Timur kini menjadi top of mind di beberapa negara, menggeser Bali sebagai tujuan utama untuk pariwisata dan ekonomi kreatif, berkat daya tarik baru seperti Bromo dan Ijen. Maka dari itu, Mojokerto memiliki potensi besar untuk terus maju. 

"Program inkubasi kreatif harus dilanjutkan. Inovasi, SDM, akses pasar, dan promosi harus terus ditingkatkan agar Mojokerto semakin dikenal sebagai pusat kreativitas yang dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional," tegas pria berusia 55 tahun ini.

Sumber:

b