KPU Kota Mojokerto Gelar Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 untuk Penyandang Disabilitas

KPU Kota Mojokerto Gelar Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 untuk Penyandang Disabilitas

KPU Kota Mojokerto saat menggelar sosialisasi Pilkada Serentak 2024 pada penyandang disabilitas di Kota Mojokerto.-Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto mengadakan sosialisasi Pilkada Serentak 2024 bagi penyandang disabilitas di Kota Mojokerto pada Minggu, 20 Oktober 2024. 

Sosialisasi diselanggarakan di Rumah Makan Djimbaran, Kota Mojokerto ini bertujuan untuk mendukung kesuksesan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur serta wali kota dan wakil wali kota Mojokerto.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Mojokerto, Yahya Sachrul Wahyu Iman Asyidiq mengatakan, sosialisasi ini memberikan informasi kepada penyandang disabilitas tentang jumlah calon wali kota dan gubernur, serta visi dan misi para kandidat. 

"Kami memberikan informasi terkait berapa calon yang ikut Pilgub dan Pilwali, serta visi dan misi mereka," ujarnya.


Mantan Komisioner KPU Kota Mojokerto, Muhammad Awaludin Zahroni saat jadi narasumber-Foto : Fio Atmaja-

Nantinya, KPU juga menyediakan fasilitas khusus bagi pemilih disabilitas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS), termasuk alat bantu dan pendampingan dari petugas KPPS. 

"Kami ingin memastikan penyandang disabilitas terfasilitasi dengan baik di TPS, dan ada pendampingan yang disiapkan KPPS," tambahnya.

Selain itu, KPU juga akan memberikan layanan jemput bola bagi pemilih disabilitas dan orang sedang sakit yang tidak bisa hadir di TPS, dengan petugas yang akan mendatangi rumah mereka antara pukul 12.00-13.00 WIB pada hari pemungutan suara.

BACA JUGA:Surat Suara Pilkada Kota Mojokerto Tiba di Gudang KPU

BACA JUGA:KPU Harapkan Debat Pertama Cagub – Cawagub Jatim, Jadi Rujukan Pilihan

Acara ini dihadiri oleh sekitar 60 perwakilan penyandang disabilitas, dengan narasumber Muhammad Awaludin Zahroni, mantan komisioner KPU Kota Mojokerto divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dan SDM. 

Zahroni mengingatkan penyandang disabilitas untuk tidak ragu datang ke TPS.

"Penyandang disabilitas, seperti tuna netra dan tuna daksa, harus merasa setara dengan warga lainnya. Hak suara mereka diatur dalam Undang-Undang," imbuhnya.


KPU Kota Mojokerto Gelar Sosialisasi Pilkada Serentak 2024 untuk Penyandang Disabilitas-Foto : Fio Atmaja-

Sumber:

b