HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Puthuk Sempu di Mojokerto, Destinasi Pendakian Baru Menawan dengan Pemandangan Luar Biasa

Puthuk Sempu di Mojokerto, Destinasi Pendakian Baru Menawan dengan Pemandangan Luar Biasa

Area camp Puthuk Sempu-Foto : dok. Puthuk Sempu-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Puthuk Sempu destinasi pendakian baru menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Lokasinya terletak di Dusun Soso, Desa Cepokolimo, Pacet, Mojokerto. 

Akses menuju lokasi pendakian ini sangat mudah dijangkau baik dari Kota Mojokerto maupun Surabaya. Anda bisa mengendarai kendaraan roda dua maupun mobil. 

Tiket masuk masih gratis, pengunjung hanya ditarik biaya parkir, camp bermalam parkir Rp 10.000 sedangkan hanya berkunjung atau tektok Rp 15.000 baik mobil maupun motor.

Namun, saat ingin menuju ke puncak, anda harus berjalan kaki dengan medan yang menanjak. Meskipun begitu, pemandangan deretan pepohonan hijau bisa sedikit menghibur di kala sedang perjalanan menuju Puthuk Sempu


Puthuk Sempu di Dusun Soso, Desa Cepokolimo, Pacet, Mojokerto. -Foto : Fio Atmaja-

Di tengah pendakian, anda bisa menjumpai beberapa pos untuk istirahat sejenak guna mengembalikan stamina tubuh. Perjalanan menuju puncak sekitar 35 menit dengan trek yang menantang.

Rasa lelah akan terbayar saat berada di puncak. Walaupun memiliki ketinggian hanya 860 Mdpl, Puthuk Sempu mampu membuat wisatawan terpesona akan keindahan alamnya. 

Ketika sampai di puncak, anda bisa melihat panorama menakjubkan seperti pemandangan perkotaan, jajaran Gunung Penanggungan-Welirang dan Anjasmoro, hingga pemandangan sawah memanjakan mata.


Puncak Puthuk Sempu-Foto : dok. Puthuk Sempu-

Ketua pengelola pendakian Puthuk Sempu, Sutrisno, mengatakan, awal mula Puthuk Sempu dibuka berawal dari mencoba camp di daerah puncak Puthuk Sempu bersama para pemuda Dusun Soso. 

"View saat malam hari di area camp sangat bagus, kemudian kami berinisiatif untuk membuka pendakian," katanya, Sabtu (13/7/2024). 

Inisiatif membuka sudah ada sejak 2021, namun baru diresmikan pada 6 Juli 2024 yang diramaikan 200 pendaki dari berbagai daerah di Jawa Timur. 

Pemandangan yang ditawarkan Puthuk Sempu meliputi city light saat malam hari, menikmati hawa sejuk dengan kerapatan hutan pinus, view sunrise dari Gunung Penanggungan dan Welirang, serta sunset dari Gunung Anjasmoro. 


View sunset di Puthuk Sempu. -Foto : dok. Puthuk Sempu-

Sumber:

b