Musrenbang 2025, Bupati Mojokerto Tekankan 4 Misi RPJP

Selasa 05-03-2024,09:31 WIB
Reporter : Faries
Editor : Andung

 

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Bupati Mojokerto dr Ikfina Fatmawati menekankan 4 visi dan 4 misi Rencana Pembangunan Jangka Panjang. Hal itu terungkap dalam musrendang 2025 di Pendapa Graha Majatama Pemkab Mojokerto Senin, 4/3/24.

 

Ke 4 visi tersebut antara lain terwujudnya Kabupaten Mojokerto yang MADA, yakni Maju, Asri dan berkelanjutan, Dedikasi, dan Adil. Sedangkan 4 misi antara lain mewujudkan transformasi dan pembangunan ekonomi yang berkualitas dan berkesinambungan. 

 

‘’Selain itu stabilitas ekonomi makro daerah serta pembangunan kewilayahan yang merata dan berkeadilan,’’ katanya.

 

Sedangkan misi ke 2 antara lain, mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan. ‘’Kemudian sarana dan prasarana yang berkualitas dan ramah lingkungan,’’ katanya.

 


Bupati Mojokerto dr Ikfina Fatmawati M,Si meninjau stan bazaar produk unggulan ukm dan dialog dengan pengelola UKM-Andung - Disway Mojokerto-

 

Misi ke 3 RPJP diantaranya, mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang berdedikasi tinggi. Dan misi ke 4 mewujudkan transformasi sosial, ketahanan sosial budaya dan ekologi.

 

‘’Serta keamanan daerah, tangguh, demokrasi substansial, dan peningkatan kesejahteraan serta SDM berkualitas,’’ sahutnya.

 

Lebih jauh Ikfina menjelaskan tentang 4 visi MADA, yakni Maju. ‘’Maju menunjukkan kegiatan yang membawa kemajuan, perubahan positif, dan peningkatan,’’ sahutnya.

 

Maju dapat berupa teknologi, ekonomi, sosial, politik, dan lain-lain.  Dalam konteks ekonomi, maju menunjukkan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi yang stabil dan berkualitas, serta meningkat secara signifikan.

 

Sedangkan Asri dan berkelanjutan adalah konsep pengembangan daerah yang fokus pada upaya menjadikan Kabupaten Mojokerto yang asri, sehat dan memiliki kualitas lingkungan hidup yang baik. Konsep ini untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta menjaga kesejahteraan lingkungan dan alam di sekitar Mojokerto.

 


Bupati Mojokerto dr Ikfina Fatmawati, M.Si meninjau stan sepatu di lokasi musrenbang RPJP di Pendapa Graha Majatama, Senin, 4/3/24-Andung-Disway Mojokerto-

 

Visi berikutnya adalah Dedikasi, yaitu komitmen dan semangat yang kuat dari para pegawai publik untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. ‘’Agar kualitas hidup masyarakat meningkat,’’ tambahnya.

 

Diaebutkan bahwa Dedikasi pelayanan publik mencakuk kemampuan dan kewajiban pegawai melayani masyarakat. ‘’Termasuk memberikan informasi, pelaporan, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, dan kebutuhan masyarakat,’’ tuturnya.

 

Sedangman visi ke 4 adalah Adil, yakni memberikan hak yang sama dalam kesempatan dan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat yang kurang mampu atau tepinggirkan. ‘’Tetapi tetap harus memperhatikan kesetaraan hak dan pengakuan terhadap setiap individu tanpa diskriminasi,’’ paparnya. 


Bersama Kepala Cabang Bank Jatim Mojokerto Krish Taufan meninjau stan UKM di arena Musrenbang di Pendapa Graha Majatama Pemkab Mojokerto-Andung-Disway Mojokerto-

 

Dalam musrenbang tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ayni Zuhroh, Kepala Bappeda Kabupaten Mojokerto, memberikan pandangan tentang landasan pokok pikiran DPRD Kabupaten Mojokerto untuk RKPD tahun 2025. Selain itu juga pokok pikiran untuk RPJPD 2025-2045.

 

Sedangkan Kepala Bappeda Kabupaten Mojokerto, Bambang Eko Wahyudi, juga memberikan gambaran terkait tahapan penyusunan RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025.

 

Acara musrenbang RKPD 2025 dan RPJPD 2025/2045 juga dimeriahkan bazaar produk unggulan di Kabupaten Mojokerto dan berbagai pelayanan di Pemkab Mojokerto. Bupati Mojokerto dr ikfina Fatmawati, M.Si sempat meninjau stan bazaar UKM dan stan pelayanan dari OPD Pemkab Mojokerto.  (*)

Kategori :