UNIM Gelar Pelatihan Digital Marketing Pelaku UMKM di Desa Kemantren Gedeg Mojokerto

Kamis 05-09-2024,13:10 WIB
Reporter : Elsa Fifajanti
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, diswaymojokerto.id – Era Digital membuat semua aspek harus melek teknologi. Tak terkecuali pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM).

Berangkat dari hal tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Majapahit (UNIM) Mojokerto menyelenggarakan pelatihan digital marketing untuk pelaku UMKM khususnya di desa Kemantren, Gedeg Mojokerto. 

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat UNIM, Soffa Zahara, mengatakan, pelatihan digital marketing bersama UMKM binaan Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Desa Kemantren digelar pada 28 Agustus 2024 lalu, diikuti sekitar 20 orang pelaku UMKM di desa tersebut.

‘’Meningkatnya keterjangkauan akses internet dan smartphone, terjadi pergeseran gaya belanja masyarakat yang sebelumnya bersifat offline menjadi online,’’ tutur Soffa Zahara, 5 September 2024. 


Penyampaian Materi Digital Marketing Oleh Mahasiswa UNIM Kepada Pemilik UMKM Desa Kemantren -Foto : Dok. UNIM-

Kegiatan ini, kata Soffa mendapatkan dana hibah dari Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian kepada Masyarakat, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Tahun 2024 dengan skema Pemberdayaan Masyarakat oleh Mahasiswa.

‘’Pelatihan ini untuk meningkatkan literasi dan kompetensi pemilik UMKM untuk memasarkan produknya secara online, sehingga bisa menjangkau luar wilayah desanya, ’’ terang Soffa.  

BACA JUGA:Inovasi Tim Teknik Sipil Unim Mojokerto, Implementasi BIM dan K3 Wujudkan Pendidikan Vokasi SMK Berkualitas

BACA JUGA:Himakom UNIM Berbagi Takjil Kemanusiaan

Ia mengatakan, materi pelatihan dibagi menjadi 4 topik. Antara lain tentang media sosial, digital marketing, konten marketing serta promosi melalui website. 

‘’Kita harapkan setelah pelatihan ini UMKM bisa melakukan branding dan promosi produknya lewat berbagai jenis medos, misalnya Instagram, TikTok,’’ tandasnya.


Mahasiswa UNIM Membantu Peserta Pelatihan Mengoperasikan Beberapa Aplikasi Pendukung Digital Marketing-Foto : Dok. UNIM-

Menurutnya, dari pelatihan tersebut akan tercipta brand awareness dan sosial media engagement dari calon konsumen sehingga mampu meningkatkan omset UMKM.  

Selain itu dalam kegiatan ini, tim pelaksana juga menghibahkan website untuk produk-produk unggulan UMKM Desa Kemantren yang bertujuan meningkatkan kredibilitas, visibilitas, dan jangkauan pasar yang lebih luas. 

Kepala Desa Kemantren Ahmad Zaidi, menyambut baik pelatihan yang diberikan Tim Pengabdian masyarakat dari UNIM ini. 

Kategori :