Inovasi Pak Mawardi Raih Penghargaan Top 5 Kovablik 2023

Inovasi Pak Mawardi Raih Penghargaan Top 5 Kovablik 2023

Plt. Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono saat mewakili Pemkot Mojokerto menerima penghargaan Kovablik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id – Inovasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Mojokerto Pak Mawardi (Pengurusan Akta Kematian Melalui Layanan Whatsapp Gratis Langsung Jadi) berhasil meraih penghargaan Top 5 Kategori Replikasi dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur Tahun 2023.


Penghargaan tersebut diserahkan oleh Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Diah Natalisa bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak kepada Plt. Kepala Dispendukcapil Kota Mojokerto, Heryana Dodik Murtono saat Pembukaan Pameran Inovasi Pelayanan Publik dan Jatim Bureacracy Fest 2023 yang digelar di Jatim Park 3, Kota Batu pada Kamis, (23/11).


“Alhadulillah, Kota Mojokerto kembali meraih penghargaan dalam bidang pelayanan publik,” kata Wali Kota Ika Puspitasari.Sebagai informasi Pak Mawardi  dapat diakses oleh masyarakat melalui whatsapp yang telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sehingga memudahkan warga Kota Mojokerto dalam rangka mengurus akta kematian bagi anggota keluarganya.


Dengan adanya penerapan Pak Mawardi cakupan penerbitan akta kematian di Kota Mojokerto mengalami peningkatan yang cukup signifikan di tahun 2023, dengan presentase sebesar 90,06% dari total penduduk yang meninggal yang sudah diurus akta kematiannya.


Sebagai kategori replikasi, Pak Mawardi telah direplikasi oleh beberapa daerah di Jawa Timur hingga luar Jawa, diantaranya Kabupaten Sumenep, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sampang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Wajo. (*)

 

Sumber:

b