Bupati Mojokerto Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023

Bupati Mojokerto Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2023

Bupati Ikfina Fahmawati mempin apel gelar pasukan operasi lilin 2023 di Mapolres Mojokerto-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id – Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin 2023 di halaman Mapolres Mojokerto, Kamis (21/12/2023). Apel gelar pasukan ini merupakan kesiapan personil TNI, Polri dalam pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Bupati Ikfina Fahmawati dan membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Kapolri menekankan pentingnya pengamanan Nataru secara maksimal. Tak lain untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Kapolri juga menyampaikan maksud dan tujuan digelarnya apel pasukan operasi lilin ini.

“Diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta tahun baru 2024 dapat berjalan dengan optimal. Pengamanan merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar," ungkap Kapolri dalam naskah sambutannya. 

Kapolri juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo,  segala hal yang berkaitan dengan Natal dan Tahun Baru harus tetap dipersiapkan dan direncanakan meski sudah menjadi rutinitas. 

“Seperti yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo,  Natal dan tahun baru ini rutinitas, tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan. Utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok,” jelas Kapolri dalam sambutannya.

Kapolri juga mengingatkan efek besar dari perayaan Natal dan tahun baru. Khususnya terkait pergerakan orang.Nataru merupakan tradisi tahunan masyarakat Indonesia.

“Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan tahun baru 2024 diperkirakan mencapai 107,6 juta orang. Meningkat sebesar 143,65 persen atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Kapolri.

Permintaan Kapolri untuk meningkatkan pengamanan , karen bertepatan dengan masa kampanye pemilu 2024. Potensi kerawanan jadi lebih tinggi. Alasan tersebut menjadi dasar digelarnya operasi kepolisian terpusat,  bersama pemangku kepentingan lainnya.

Operasi Lilin dimulai 22 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024, melibatkan 129.923 personil yang terdiri dari TNI-Polri serta pemangku kepentingan terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengaman, 670 pos pelayanan dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Upaya pengamanan juga didukung penerbitan Surat Keputusan Bersama (SKB) terkait pembatasan angkutan barang, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan tertentu.

“Saya mengucapkan selamat Natal 2023 dan tahun baru 2024. Semoga cahaya dan cinta kasih Tuhan senantiasa menyelimuti relung hati kita, melahirkan semangat serta harapan baru demi terwujudnya visi Indonesia Emas 2045,” tutup Kapolri.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2023 yang berlangsung di halaman Mapolres Mojokerto kali ini dihadiri juga oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, serta diikuti sejumlah sukarelawan yang ada di Kabupaten Mojokerto. (*)

 

Sumber:

b