HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Petugas Siaga di Jalur Trawas-Pacet, Ini 5 Jalur Rawan Macet dan Longsor saat Libur Nataru di Mojokerto

Petugas Siaga di Jalur Trawas-Pacet, Ini 5 Jalur Rawan Macet dan Longsor saat Libur Nataru di Mojokerto

Bupati Mojokerto saat melakukan pengecekan jalur wisata di Pacet - Trawas. (Foto : dok. DPRKP2 Kabupaten Mojokerto)--

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perhubungan (DPRKP2) Kabupaten Mojokerto menyebutkan ada lima titik rawan potensi kepadatan kendaraan di jalur wisata Pacet dan Trawas saat libur Nataru.

Lima titik rawan kepadatan tersebut berdasarkan hasil survei dilakukan pihak DPRKP2 Kabupaten Mojokerto. Mengantisipasi hal tersebut sejumlah petugas disiagakan di sejumlah titik simpul rawan kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Kemarin bersama Bupati Mojokerto kami melakukan pengecekan di jalur menuju wisata yang rawan bencana longsor yakni di ruas jalan Claket-Cembor (Pacet- Trawas). Hasil survei jalur terjadi rawan macet dan kecelakaan saat libur Nataru," ucap Kepala Bidang (Kabid), Lalu-lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), DPRKP2 Kabupaten Mojokerto, Setyo Budi, Selasa (26/12/2023).

Menurutnya, beberapa jalur alternatif ke Trawas terdapat jalan yang longsor karena tidak adanya plengsengan atau tembok penahan jalan di ruas jalan Cembor-Daplang.

"Karena guadrail atau pagar pengaman jalan rusak, kami  menghimbau agar pengguna jalan tetap waspada ketika melewati jalan tersebut. Potensi bencana longsor yang disebabkan karena curah hujan tinggi dapat terjadi secara tiba-tiba. Peninjauan di Claket-Cembor juga untuk melihat kesiapan sarana pendukung jalan," katanya.

Selain itu, di kawasan Trawas, ditemukan adanya jalan ruas Trawas yang perlu diwaspadai pengguna jalan. Terdapat jalan amblas di sisi kiri dan kanan ruas jalan Trawas- Prigen, tepatnya depan lesehan Lereng Asri Trawas. Hal ini berdampak pada penggunaan jalur untuk kendaraan tidak maksimal.

Setyo menambahkan bahwa dijalur rawan kemacetan seperti di ruas Jalan Mojosari mengarah ke arah Trawas juga terjadi kepadatan kendaraan diprediksi terjadi karena banyaknya tempat-tempat kuliner. Antisipasi kemacetan juga difokuskan di kawasan wisata unggulan yakni di wilayah Ketapanrame, Air Terjun Dlundung, Kecamatan Trawas.

"Banyaknya cafe - cafe dipinggir jalan yang tidak memiliki lahan parkir membuat ruas jalan Trawas - Mojosari rawan terjadi kemacetan. Kami juga mengantisipasi rawan kemacetan lalu lintas di simpang tiga Ketapanrame dan Taman Ganjaran,” tambahnya.

Adapun sejumlah titik rawan kepadatan kendaraan saat libur Nataru di jalur wisata Trawas-Pacet sebagai berikut :

1. Simpang tiga karlina, Pacet

2. Simpang tiga Ubalan

3. Pintu masuk atau loket wiata air panas Padusan

4. Simpang tiga Daplang, Trawas (Jalur alternatif Pacet- Trawas)

5. Kawasan cafe-cafe di sepanjang jalan menuju Trawas

6. Simpang tiga balai Desa Trawas.

7. Simpang tiga Ketapanrame.

Sumber:

b