Jelang Pergantian Tahun, Satlantas Polres Mojokerto Siapkan Rekayasa Lalin Tahun Baru 2024

Jelang Pergantian Tahun, Satlantas Polres Mojokerto Siapkan Rekayasa Lalin Tahun Baru 2024

Skema rekayasa lalin di jalur wiysata Pacet. (Foto : dok. Polres Mojokerto)--

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Dalam rangka antisipasi kepadatan arus kendaraan di kawasan wisata Trawas - Pacet saat Tahun Baru 2024, Satlantas Polres Mojokerto menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Mojokerto, Iptu Muhammad Hariyazie Syakhranie menjelaskan bahwa apabila terjadi kepadatan arus  lalu lintas di Trawas akan dialihkan.

"Dari Simpang 3 Jatijejer dialihkan ke kanan untuk mengarah ke Pacet, dari arah Prigen langsung turun ke bawah. Jadi dibuat satu jalur," terangnya, Sabtu (30/12/2023).

Sedangkan di Kawasan Wisata Pacet seperti Wisata Air Panas Padusan dan Ubalan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pengelolah di dua tempat wisata tersebut.

BACA JUGA:Hasil Ungkap Polres Mojokerto 2023, Kasus Menonjol Didominasi Curat

"Nantinya pengelolah tempat wisata bakal diminta melakukan penutupan jika tempat parkir di dua wisata tersebut sudah penuh," ujarnya.

Menurutnya, jika tempat parkirnya sudah full, maka masyarakat hendak ke tempat wisata tersebut sudah tidak bisa. Karena sudah tutup, maka akan langsung di buang ke jalur Pacet-Trawas. "Itu nanti dibuat satu jalur semua, nanti muter dari Daplang nanti ke kiri,” katanya.

Satlantas Polres Mojokerto juga akan mengantisipasi kemacetan di wilayah Mojosari, dan di jalur By Pass. Untuk wilayah Mojosari pihaknya mewaspadai di Simpang Tiga Klenteng sehingga di jalur menuju wisata tersebut akan diterapkan rekayasa lalu-lintas.

Pelaksanaan rekayasa secara situasional. Rekayasa lalu-lintas akan diterapkan jika terjadi penumpukan kendaraan. Untuk pelaksanaannya, mulai Simpang Empat Pekukuhan.

BACA JUGA:Antisipasi Kecelakaan saat Nataru, Banner Imbauan Dipasang di Perlintasan KA Blooto Mojokerto

"Jadi yang mau ke arah Sidoarjo dari Kota Mojokerto belok ke kiri, namun kalau mau ke Ngoro atau Trawas bisa ke kanan. Jadi tidak boleh lurus, Jalan Bhayangkara depan Polres Mojokerto ini kosong, kami tutup dari arah Kota Mojokerto,” bebernya.

Sementara di jalur By Pass Mojokerto jika terjadi penumpukan,  maka dari arah Jombang, petugas akan mengarahkan ke kiri masuk Kecamatan Sooko.

--
"Dari Jombang sampai Jampirogo ke kiri, Tugu UKS bisa langsung ke kanan nanti akan ketemu lagi di Simpang Lima Kenanten ke kiri langsung Surabaya," jelasnya.

Sebaliknya, kalau dari arah Surabaya dibuat contraflow, satu jalur dari arah Surabaya. Semua tetap situasional, jika belum urgent belum bisa dilaksanakan.



Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun baru 2024 agar tetap berhati-hati dan mengecek kendaraan sebelum pergi.

"Sebelum bepergian kami menghimbau agar mengecek kondisi kendaraan, terutama yang hendak melintas di jalur Wisata Trawas - Pacet yang agak menanjak sehingga kendaraan tidak sampai mogok di jalan," tambahnya.

Selain itu, kalau nanti ada yang melakukan konvoi pihaknya akan menindak langsung. Di pos - pos nanti sudah ada anggota dan siap menindak jika ada konvoi.

Polres Mojokerto dalam rangka Operasi Lilin Semeru mendirikan dua pos pam dua dan dua pos pelayanan. Yakni Kenanten, Mojosari, Bundaran Pacet dan simpang tiga Daplang.

Sumber:

b