Bawaslu Kota Mojokerto Temukan Puluhan Surat Suara Rusak

Bawaslu Kota Mojokerto Temukan Puluhan Surat Suara Rusak

Proses lipat surat suara di gudang KPU Kota Mojokerto-Dok. Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Mojokerto menemukan puluhan Logistik pemilu 2024 yang rusak.

Temuan tersebut usai Bawaslu Kota Mojokerto melakukakan pengecekan pelaksanaan proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Kota Mojokerto di Jalan Majapahit, Kelurahan/Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto.

“Dalam waktu tiga hari hari pengawasan pelaksanaan sorlip, Bawaslu menemukan  45 kotak suara dan surat suara rusak pada hari pertama sebanyak 40, hari kedua 14, hari ketiga 105,” ucap Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Dian Pratmawati, Jum’at (12/1/2024).

Logistik kotak suara dan surat suara yang rusak tersebut dilakukan penggantian setelah melalui berita acara. “Untuk kotak suara sudah langsung dilakukan penggantian. Sedangkan surat suara tidak bisa diganti langsung karena proses sortir lipat belum selesai jadi diakumulasikan terlebih dahulu kemudian surat suara ini dilaporkan kerusakannya berapa," ujarnya.

Adapun surat suara yang rusak disebabkan beberapa faktor, seperti terkena cat sehingga angka tertutup. "Rata-rata kerusakan dari percetakan," ujarnya. (*)

Sumber:

b