HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Dahlan Iskan Memandikan Patung Dewa di Kelenteng Hong San Kiong Gudo Jombang

Dahlan Iskan Memandikan Patung Dewa di Kelenteng Hong San Kiong Gudo Jombang

Dahlan Iskan memandikan patung Dewa di Kelenteng Hong San Kiong Gudo Jombang, Minggu (4/1/2024)-W Satria H-

Kelenteng ini  termasuk tempat ibadah umat Tri Dharma (Kong Hu Chu, Budha, Tao) tertua di Kabupaten Jombang. Toni Harsono, ketua Yayasan Kelenteng Hong San Kiong menceritakan berdasarkan cerita turun temurun kelenteng ini ada sejak abad ke 18 lalu.


Stempel kelenteng Hong San Kiong Gudo Jombang--

"Bukti otentik saya belum ada, karena semua yang tercatat rapi di sini tahun 1926. Jadi semua kegiatan-kegiatan klenteng tahun 1926 itu tercatat rapi,” ujar Toni kepada Disway Mojokerto

Di dalam tempat peribadatan terdapat tiga dewa yaitu Dewa Kong Tik Tjoen Ong sebagai dewa utama yang disembah, Dewa Hian Thian Siang Tee dan patung Dewa Hok Tik Tjien Sien semua dibersihkan, termasuk stempel otentik klenteng.

Umat Tridharma kelenteng Hong San Kiong Leman Cristanto datang  dari Banyuwangi untuk melaksanakan prosesi ini."Ini bermakna membersihkan hati pikiran dan tempat ibadah guna menyambut Imlek yang sepekan lagi," ujarnya.

Hal serupa juga dilakukan Kuncoro bersama keluarga yang sangat antusias membersihkan patung Dewa-Dewi di kelenteng tersebut.

"Prosesi ini seperti saudara kita umat muslim yang bersih-bersih musala, masjid dalam menyambut Ramadan," kata Wiraswastawan di Kota Jombang inil. (*)

Sumber:

b