HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Keren!!! Ini Kertas Ramah Lingkungan Produksi PT Tjiwi Kimia Tbk

Keren!!! Ini Kertas Ramah Lingkungan Produksi PT Tjiwi Kimia Tbk

Salah satu produksi kertas ramah lingkungan dari PT Tjiwi Kimia Tbk yang bisa digunakan sebagai bungkus makanan-Andung - Disway Mojokerto-

 

 

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - PT Tjiwi Kimia terus berinovasi. Kali ini memproduksi kertas dengan bahan yang ramah lingkungan dan mudah terurai dengan tanah.

 

Humas PT Tjiwi Kimia, Benny Haryawan, mengatakan, kertas dengan bahan ramah lingkungan produksi PT Tjiwi Kimia bahkan sudah dipesan luar negeri. ‘’Justru tahap awal kami dapat pesanan dari luar negeri,’’ katanya, Selasa (26/3/24).

 


Humas PT Tjiwi Kimia Tbk, Benny Haryawan menjelaskan kertas ramah lingkungan produksi PT Tjiwi Kimia-Andung - Disway Mojokerto-

 

Disebutkan bahwa kertas ramah lingkungan tersebut mudah terurai dengan tanah. Beny menuturkan, PT Tjiwi Kimia sudah melakukan penelitian selama 3 tahun sebelumnya.

 

Semuanya dilakukan di PT Tjiwi Kimia, mulai riset sampai produksinya, di lokasi perusahaa di Desa Kramat Temenggung, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo. Dan saat ini sudah keluar sertifikasi halal sehingga sudah bisa digunakan untuk masyarakat umum.

 

Lebih jauh Beny menuturkan bahwa kertas ramah lingkungan tersebut juga memiliki standarfood atau foodgrade. Sehingga aman digunakan sebagai bungkus makanan.

 

Selain itu, karena ramah lingkungan, kertas itu kalau dibuang juga bisa terurai dengan tanah. ‘’Saat ini produksinya belum banyak karena pesanan juga masih hanya memenuhi permintaan dari luar negeri,’’ tambahnya.

 

Untuk dalam negeri, diakui pihaknya masih terus mengkampanyekan penggunaan kertas ramah lingkungan, bekerjasama dengan KLHK. ‘’Kami terus melakukan sosialisasi. Dan di internal perusahaan kami sudah membudayakan pemakaian kertas ramah lingkungan,’’ sahutnya. 

 

Seperti dalam pembagian takjil untuk karyawan masyarakat beberapa waktu lalu. Takjil yang dibagikan dibungkus menggunakan kertas ramah lingkungan. 

 

Ada dua bungkus kertas yang digunakan. Yang pertama berwarna coklat dengan gambar bumi berwarna hijau bertuliskan ‘This Bag saves The Earth’.

 

Sedangkan bungkus satunya adalah kertas berwarna oranye. Di kertas tersebut ada tulisan ‘Cool! You have become environmental sustainability’

 

Kekuatan kertas ramah lingkungan produksi PT Tjiwi Kimia juga diklaim lebih kuat dari bahan kertas berlapis plastik. ‘’Masyarakat kita hanya belum familiar saja dengan kertas ramah lingkungan ini,’’ tuturnya. 

 

Dengan pemahaman yang baik di masyarakat mengenai keras ramah lingkungan ini, diharapkan akan makin banyak yang menggunakan untuk konsumsi dalam negeri. ‘’Kami akan terus melakukan kampanye penggunaan kertas ramah lingkungan ini,’’ paparnya.

 

Kalau masyarakat sudah paham, harga akan tidak terlalu berpengaruh dibanding mahalnya risiko kerusakan lingkungan. ‘’Memang harganya agak lebih tinggi. Tetapi itu jauh lebih murah dibanding upaya pemulihan lingkungan kalau menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan,’’ ujarnya. (*)

Sumber:

b