Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Mojokerto dan Forkopimda Rakor Lintas Sektoral Bahas Pengamanan Lebaran

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Mojokerto dan Forkopimda Rakor Lintas  Sektoral Bahas Pengamanan Lebaran

Bupati Mojokerto saat menghadiri rakor lintas sektoral. -Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Rapat koordinasi lintas sektoral (Rakor) Operasi Ketupat Semeru 2024 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Wilayah Hukum Polres Mojokerto telah berlangsung di Aula Polres Mojokerto, Senin (1/4/2024) siang.

Rakor digelar bertujuan agar seluruh masyarakat di Bumi Majapahit dapat melakukan aktivitas Lebaran mereka dengan lancar, aman, dan tertib.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, semua persiapan diharapkan bisa dilaksanakan baik. Menurutnya, rakor tersebut juga menjadi salah satu upaya mitigasi adanya kemacetan saat Lebaran 2024.

"Kemarin juga DPRKP2 sudah melaporkan kepada saya terkait dengan mitigasi terhadap rute-rute jalan nanti berpotensi menimbulkan kemacetan maupun kecelakaan, dan antisipasi ancaman terkait hal tersebut," ucap Ikfina saat menghadiri rakor Sektoral Operasi Ketupat Semeru 2024 dalam rangka pengamanan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Senin (1/4/2024).

Ikfina menghimbau agar masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan saat melakukan perjalanan mudik lebaran, karena adanya berbagai perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di beberapa titik lokasi.

"Nanti juga akan menjadi poin yang akan kami waspadai bersama terkait dengan hal tersebut, termasuk juga terkait dengan teman-teman dari PUPR juga sedang melaksanakan pembangunan jalan baik itu pelebaran maupun rekonstruksi bahkan juga perbaikan jembatan," ujarnya.

Selain itu, ia berpesan agar memperhatikan adanya kesiapan posko penjagaan kesehatan dan juga ketersediaan bahan pangan menjelang lebaran.

"Kami semua berharap akan ada antisipasi dan persiapan apa yang akan dilakukan bersama termasuk dengan posko penjagaan baik dari dinas kesehatan dan juga dari PMI, termasuk juga terkait bahan pangan yang dibutuhkan masyarakat pada saat hari raya lebaran 2024," bebernya.

Sementara itu, Kapolres Mojokerto, AKBP Ihram Kustarto juga berharap agar nantinya tidak terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas) terjadi terutama di perlintasan sebidang kereta api. 

"Kami akan meningkatkan pengawasan di daerah perlintasan sebidang tersebut bersama rekan - rekan polsek," tambahnya.

Rakor tersebut dihadiri juga oleh Kasdim Mojokerto mewakili Dandim 0815/Mojokerto, Ketua MUI Kabupaten Mojokerto, beserta jajaran Kepala OPD Kabupaten Mojokerto serta Pejabat Utama (PJU) Polres Mojokerto dan Kapolsek jajaran. (*)

Sumber:

b