HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Jelang Mudik 2024, Dishub Mojokerto Siagakan Relawan dan Petugas di Jalur Sebidang KA

Jelang Mudik 2024, Dishub Mojokerto Siagakan Relawan dan Petugas di Jalur Sebidang KA

Belum selesai, pemasangan palang pintu di perlintasan KA di Damarsi ditarget akhir April 2024-Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Jelang Lebaran 2024, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Perhubungan (DPRKP2) Kabupaten Mojokerto memaksimalkan tenaga relawan untuk menjaga perlintasan sebidang Kereta Api (KA) di Dusun Damarsi, Mojoanyar, Mojokerto. 

Kabid LLAJ DPRKP2 Kabupaten Mojokerto, Setyo Budi mengatakan, pihaknya telah menyiapkan petugas jaga lintasan meskipun belum terdapat palang pintu. 

Progres pembangunan untuk pos jaga sudah selesai dan tinggal pemasangan palang pintu direncanakan selesai akhir April setelah Lebaran. 

Untuk mengantisipasi hal ini, mereka akan memaksimalkan relawan di lokasi tersebut, serta akan didukung oleh petugas monitoring dari Dishub. 

"Ada 12 relawan yang akan dibagi dalam 3 shift jaga. Dishub juga akan menyediakan 4 petugas untuk membantu mengatur lalu lintas di sana, yang juga akan dibantu oleh Polsek," ucapnya, Kamis (4/4/2024).


--

Terkait dengan pembangunan palang pintu, Setyo menjelaskan bahwa itu merupakan proyek nasional dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Ditjen Perkeretaapian (Ditjenka)

"Setelah pembangunan selesai, operasionalnya akan ditangani oleh Pemkab, dan diharapkan bisa dioperasikan oleh petugas pada bulan Mei," ujarnya.

Pihaknya juga memprediksi bahwa akan terjadi lonjakan jumlah orang yang masuk ke Mojokerto, diperkirakan sekitar 50 persen, mengacu pada perkiraan kementerian khususnya di Jawa Timur. 

Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi antara tanggal 5-6 April, sementara arus balik akan mencapai puncaknya pada tanggal 15 April. (*)

Sumber:

b