Peminat Seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Mojokerto Membludak

Peminat Seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Mojokerto Membludak

Pj Wali Kota Mojokerto Ali Kuncoro saat mengecek logistik Pemilu bersama Muhamad Awaluddin Zahroni-Foto : Disinfokom Kota Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Antusias warga Kota Mojokerto ikut nadil sebagai penyelenggara pemilu di badan Ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sangat tinggi. Terbukti pendaftar PPK di KPU Kota Mojokerto lewat aplikasi Siakba sebanyak 154 orang. 

''Dari jumlah tersebut yang mengunggah persyaratan yg diminta sebagai pendaftar sebanyak 95 orang, yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 93 orang, ''tutur Divisi SDM, Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (SDM, Sosdiklih Parmas) KPU Kota Mojokerto, Mohamad Awaludin Zahroni kepada Disway.mojokerto, Minggu (5/5/2024).

Menurut Roni, sapaan komisioner KPU Kota Mojokerto ini, dari 95 orang,  dua pendaftar diminta memperbaiki persyaratan tapi tidak dipenuhi sehingga dinyatakan tidak lolos.  Pengumuman lolos administasi seleksi PPK bisa dilihat melalui website KPU Kota Mojokerto.


KPU Kota Mojokerto menggelar sosialiasi tahapan Pilkada 2024-Foto : Elsa Fifajanti-

Selanjutnya ke 93 orang peserta seleksi yang dinyatakan lolos administrasi ini, akan mengikuti tes tulis yang dilakukan secara komputer atau CAT (Computer Assisted Test). Test CAT dilaksanakan di Hotel Lynn Kota Mojokerto pada Senin, 6 Mei 2024 dalam dua gelombang. 

Dari 93 peserta yang mengikuti seleksi ini, akan diambil sebanyak 45 orang, atau 3 kali kebutuhan. masing-masing kecamatan membutuhkan 5 orang PPK, dikalikan 3 kecamatan. ''Artinya kita membutuhkan 15 orang PP, karena itu dalam seleksi CAT akan diambil 3 kali kebutuhan yakni 45 orang,'' tutur Roni.

Setelah seleksi CAT ini mereka yang dinyatakan lolos akan mengikuti tes wawancara yang dilaksanakan oleh KPU Kota Mojokerto. Seleksi PPK ini akan diumumkan hasilnya pada 15 Mei 2024, dan akan dilantik pada 16 Mei 2024.

BACA JUGA:Masih Menunggu PKPU, Tahapan Pilkada Serentak Dimulai 27 Januari 2024

BACA JUGA:Dok! KPU Kota Mojokerto Tetapkan Perolehan Kursi dan Anggota DPRD Kota Mojokerto

''PPK terpilih akan bekerja di masing-masing kecamatan untuk keseluruhan tahapan Pilkada serentak di Kota Mojokerto,'' terang Roni. 

Berapa besar honor yang akan ditrerima PPK Pilkada serentak ini? Untuk ketua honor yang akan diterima sebesar Rp 2, 5 juta per bulan. sedangkan untuk anggota sebsar Rp 2,2 juta per bulan. Sedangkan masa jabatan PPK di dalam UU No 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah, adalah 6 bulan sebelum hari pemungutan suara dan 2 bulan sesudah hari pemungutan suara. 

BACA JUGA:Satu Lagi Nama Muncul Bakal Running Pilwali Kota Mojokerto : Gus Afif

Selama masa seleksi ini dilaksanakan, masyarakat Kota Mojokerto bisa memberikan tanggapan dan masukan terhadap nama-nama yang dinyatakan lolos sebagai calon anggota PPK di Kota Mojokerto. Setelah seleksi PPK usai, KPU Kota Mojokerto segera membuka seleksi Panitia Pemilihan Suara (PPS) di tingkat kelurahan. (*) 

 

Sumber:

b