Satlantas Polres Mojokerto Dorong Pemilik PO Bus Perhatikan Kelayakan Operasional Armada

Satlantas Polres Mojokerto Dorong Pemilik PO Bus Perhatikan Kelayakan Operasional Armada

Satlantas Polres Mojokerto saat melakukan pengecekan salah satu bus pariwisata milik PO Bus di Mojokerto. -Dok. Satlantas Polres Mojokerto-

Mojokerto - mojokerto.disway.id - Satlantas Polres Mojokerto mendorong Perusahaan Otobus (PO) untuk meningkatkan perhatian terhadap kelayakan bus sebelum beroperasi. 

Kasat Lantas Polres Mojokerto, Iptu Muhammad Hariyazie Syakhranie menyatakan, pihaknya telah melakukan upaya preventif pasca-kecelakaan bus di Subang, Jawa Barat, dengan mendatangi penyedia PO bus yang beroperasi di Mojokerto.

Baca Juga: Kecelakaan di Trawas Mojokerto, 1 Tewas dan 3 Luka

"Kami sudah mendatangi salah satu PO bus di Mojokerto dan selama pengecekan alhamdulillah tidak ditemukan bus yang tidak layak operasi," ucapnya, Selasa (14/5/2024).

Namun, pihaknya terus mengimbau kepada seluruh PO bus, khususnya bagian personalia, untuk memperketat pemeriksaan kesehatan sopir bus, kelayakan operasional bus, serta kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK.

Azie menekankan pentingnya peran bagian personalia dalam memeriksa keberangkatan bus sesuai jadwal, surat-surat sopir, dan kelayakan bus untuk beroperasi. 

"Ke depannya kami akan mengagendakan ramp check bersama pihak terkait seperti Dishub dan kepolisian untuk memastikan kelayakan operasi kendaraan terpenuhi," ungkapnya.

Baca Juga: Truk Terguling di Jalan Raya Cangar – Pacet Mojokerto, Diduga Rem Blong

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak menyewa bus atau minibus secara sembarangan, khususnya pada sekolahan agar kepala sekolah dan guru memastikan kondisi kendaraan dan sopir sebelum menyewa.

"Pastikan sopir dan kendaraan benar-benar siap untuk beroperasi, atau bisa meminta saran kepada Satlantas Polres Mojokerto," tegasnya. (*)

Sumber:

b