HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Pagi Pindapatta, Malam Hening Bersama jam 20.52.42, dan Festival 2568 Lampion

Pagi Pindapatta, Malam Hening Bersama jam 20.52.42, dan Festival 2568 Lampion

Warga Perumahan Magersari Indah berpartisipasi dalam pindapatta peringatan Waisak 2568 BE atau waisak 2024 di Kota Mojokerto-Andung - Disway Mojokerto-

 

 

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Rangkaian peringatan Wisak di Kota Mojokerto dimulai dengan Pindapatta, Kamis, 23/5/24, pagi. Kemudian malam hari ada Barongsai, Tari Remo, pelinggihan relik Buddha, festival lampion atau balon berlampu, kemudian hening bersama pada pukul 20:52:42.

BACA JUGA:Peringati Waisak, Besok Alun-Alun Wiraraja Bertabur Lampion

Prosesi pindapatta berangkat dari Jalan Jokotole I, Kelurahan/Kecamatan Magersari. pindapatta adalah pemberian derma dari masyarakat kepada para biksu sebagai penghormatan perayaan Waisak 2468 BE.

BACA JUGA:Waisak Majapahit 2024, Tanamkan Semangat Bhinneka Tunggal Ika

7 biksu berjalan dari Jalan Jokotole I menuju Jalan Jokotole kemudian mengitari Perumahan Magersari Indah.  Di sepanjang jalan ini para biksu yang berjalan kaki sambil membawa kuali dari logam, menerima derma makanan dari warga.


Warga Perumahan Magersari Indah memberikan derma kepada biksu dari Vihara Buddhayana Indonesia Kota Mojokerto pada acara pindapatta dalam rangkaian peringatan dan perayaan Waisak di Kota Mojokerto -Andung - Disway Mojokerto-

Warga di sepanjang jalan yang dilalui para biksu memberikan derma berupa makan seperti buah-buahan, lauk pauk, sayuran, makanan ringan, dan minuman. Sambil memberikan derma, warga juga menyapa dan berdialog ramah dengan para biksu.


Pemberian derma kepada biksu dari Vihara Buddhayana Indonesia sebagai penghormatan kepada para biksu-Andung - Disway Mojokerto-

Pemimpin biksu Vihara Buddhayana Indonesia Kota Mojokerto, Bhante Nyanasila Terra, mengatakan, pemberian derma itu sudah berlangsung sejak lama. Di Indonesia, pemberian derma dilakukan 2 dalam setahun, yakni pada perayaan Waisak dan Kathina.

BACA JUGA:Sisir Wajib Pajak, Pemkot Mojokerto Bentuk Tim Puspa Indah

''Kami mengapresiasi dan menyambut baik partisipasi warga yang memberikan derma dalam kegiataan ini. Ini menunjukkan toleransi, keberagaman, kebhinnekaan berjalan sangat baik di sini,'' katanya.

Bhante Nyanasila Terra menjelaskan, usai acara pindapatta, malam hari pukul 19.00 akan dilakukan perayaan Waisak di Alun-Alun Wiraraja Kota Mojokerto. Akan ada berbagai kegiatan yang dilakukan lintas agama, lintas budaya, lintas seni, seperti Tari Remo dan Barongsai.

Sumber:

b