Nama Proklamator Ir Soekarno Dijadikan Nama Ruas Jalan di Kota Mojokerto

Nama Proklamator Ir Soekarno Dijadikan Nama Ruas Jalan di Kota Mojokerto

Mas PJ Wali Kota meninjau ruas jalan Balongcangkring-Rejoto -Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Tepat di hari lahir Sang Proklamator Soekarno, 6 Juni, Pemkot Mojokertobermaksud memakai nama besar Soekarno menjadi nama sebuah jalan di wilayah Balongcangkring,  tepatnya di ruas jalan Balongcangkring - Rejoto, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon.  

Penggunaan nama Soekarno di ruas jalan Mojokerto Kota tersebut, tak lepas dari kesejarahan Sang Proklamator yang pernah menuntut ilmu di Kota Mojokerto, saat masih muda. 

Itulah sebabnya, Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro ingin menancapkan jejak sejarah sang proklamator RI, Ir Soekarno, di bumi Mojokerto. 


Ruas jalan yang baru dibangun, menghubungkan wilayah Balongcangkring dengan jembatan Rejoto-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Tepatnya,  Bung Karno pernah sekolah di SDN Purwotengah atau yang dulunya disebut Holland Inlandsche School (HIS) yang berlokasi di Jalan Taman Siswa No. 16 Kota Mojokerto. Soekarno kecil duduk di bangku SDN Purwotengah pada tahun 1909 hingga 1912.

“Kebetulan Jalan BC - Rejoto saat ini belum punya nama. Jadi, tepat di momentum bulan Bung Karno ini dan Hari Jadi Kota Mojokerto 20 Juni nanti, kami akan sosialisasikan kepada masyarakat tentang rencana pemberian nama jalan Ir. Soekarno untuk Jalan BC-Rejoto,” ujar Pj Wali kota Moh. Ali Kuncoro saat meninjau langsung lokasi jalan Balongcangkring - Rejoto, Kamis (6/6).  

BACA JUGA:Pengedar Sabu di Mojokerto DItangkap, 403,64 gram Sabu Diamankan

BACA JUGA:Panen Padi Hasil Pemupukan Organik, Bupati Sarankan Warga Konsumsi Beras Organik

Selain belum memiliki nama resmi, penamaan juga dilatarbelakangi oleh banyaknya aset Pemkot di sekitar ruas jalan tersebut. Dimana infrastruktur jalan sepanjang 1,7 km ini difokuskan untuk menunjang akses jalur wisata menuju Taman Bahari Mojopahit (TBM).

“Ke depan pengembangan kota memang diarahkan ke area barat. Hadirnya TBM ini juga akan menjadi potensi besar bagi kesejahteraan masyarakat Kota Mojokerto. Sehingga sangat layak jika nama besar Ir. Soekarno ditancapkan di area sini,” tambah sosok yang akrab disapa Mas Pj ini.


Mas PJ Wali Kota melakukan peninjauan infrastruktur jalan di wilayah BC-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Selama masa sosialisasi ini, pemkot mengharapkan adanya masukan dari masyarakat. Beragam pendapat, saran, dan masukan terhadap usulan penamaan jalan ini nantinya akan menjadi pertimbangan dalam kajian lanjutan. Pasca pengkajian, barulah nama bisa ditetapkan dan dipakai secara resmi.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jawa Timur Berharap Pers Kawal Seluruh Tahapan Pilkada Serentak

“Setelah disepakati, akan dimasukkan ke rupabumi/ toponimi. Kita sampaikan ke Biro Bagian Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, kita catatkan. Itu nanti berarti sudah baku,” ungkap Kepala Dinas PUPR Perakim Muraji, yang turut mendampingi Mas Pj pagi ini.

Sumber:

b