HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Pemkab Jember Raih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan

Pemkab Jember Raih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan

Bupati Jember bersama Ketua DPRD Jember-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Jember-

Jember, mojokerto.disway.id – Bupati Jember Hendy Siswanto semakin optimis, ke depan perkembangan ekonomi di Jember semakin membaik.

Optimisme Hendy cukup beralasan karena Pemkab Jember di bawah kepemimpinannya kembali meraih penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pada (6/8/2024)  

‘’Kami optimistis ke depan Jember akan bertambah maju, baik dari perekonomiannya maupun pemerintahannya,’’ kata Hendy

Dengan penghargaan WTP tersebut, maka investor akan merasa aman jika berinvetasi atau menanamkan modalnya  di Jember. Dan ini, kata Hendy akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi di Jember. 

Menurut Hendy opini WTP yang diberikan oleh BPK tersebut merupakan bukti nyata, jika Jember telah berhasil membangun tata kelola keuangan dan pemerintahan yang baik. "Tujuannya adalah memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat Jember," tutur Hendy

 Menurutnya, ada tiga manfaat yang diperoleh Pemkab Jember dari opini WTP itu.

Pertama, dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada pemerintah daerah dan menarik investor untuk menanamkan modal.

Dengan demikian, diharapkan pendapatan asli daerah atau PAD bisa bertambah dan kemandirian fiskal daerah bisa ditingkatkan.

Manfaat kedua, tambahnya, WTP memungkinkan Pemkab Jember memperoleh dana insentif daerah (DID).

Hal itu diprioritaskan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi di daerah melalui perlindungan dan bantuan sosial. Sehingga, manfaatnya kembali lagi kepada masyarakat.

“DID yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Pada intinya sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. Terakhir, opini WTP bermanfaat dalam mengawal tata kelola keuangan yang baik. (*)

 

 

Sumber:

b