HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Wisata Kemerdekaan Susur Sungai Brantas di Mojokerto Diserbu Peserta dari Berbagai Daerah

Wisata Kemerdekaan Susur Sungai Brantas di Mojokerto Diserbu Peserta dari Berbagai Daerah

Dua perahu dengan kapasitas 15 penumpang dan 10 penumpang disediakan oleh Yayasan Jogo Brantas.-Fio Atmaja-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Kegiatan wisata kemerdekaan susur Sungai Brantas diadakan secara gratis oleh Jogo Brantas Paddle Club di Kota Mojokerto. Acara ini menarik minat banyak peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur. 

Event ini digelar untuk menyambut HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia pada 17-18 Agustus 2024. Penyusuran dimulai pukul 15.00 hingga 17.00 WIB. Rute susur sungai dimulai dari Dermaga Jogo Brantas di Jalan Hayam Wuruk, Kota Mojokerto hingga Jembatan Padangan dengan jarak sekitar 500 meter.

Salah satu peserta dari Pulorejo, Sukarti mengungkapkan, ia baru pertama kali merasakan naik perahu di atas aliran Sungai Brantas


Wisata Kemerdekaan susur Sungai Brantas yang mengasyikkan.-Fio Atmaja-

"Ini pengalaman pertama saya. Saya bersama keluarga besar tadi naik, ada 5 orang. Harapannya, warga Mojokerto bisa menjaga kelestarian Sungai Brantas ke depannya," ujarnya, Sabtu (17/8/2024).

Sementara itu, Pengurus Jogo Brantas Paddle Club, Yeni Puji Kristina menjelaskan, ide awal kegiatan ini muncul dari keinginan untuk menyajikan acara menarik dalam perayaan kemerdekaan Indonesia. 

"Kami ingin mengajak warga mendayung bersama dan susur sungai sekaligus menjaga kelestarian dan kebersihan Sungai Brantas. Informasinya kami sebar melalui media sosial seperti Instagram dan WhatsApp," jelasnya. 

Baca Juga: Rayakan HUT ke 79 RI, Mas PJ Wali Kota Bagi Tali Asih dan Bingkisan ke Veteran dan Perintis Kemerdekaan

Jumlah pendaftar sekitar 60-70 orang yang tercatat mendaftar, dengan peserta berasal dari Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, dan Gresik. Kegiatan ini sepenuhnya gratis, spesial perayaan kemerdekaan.

Dalam acara tersebut disediakan dua jenis perahu, yakni perahu berkapasitas 10 orang dan perahu berkapasitas 20 orang. 

"Perahu 10 diisi oleh 5 orang umum dan 5 atlet pendayung, sedangkan perahu 20 bisa memuat 15 penumpang dengan 5 pendayung. Para pendayung merupakan atlet dari klub Jogo Brantas sendiri," ungkapnya.

Baca Juga: Seru!!! Ada Atraksi Karyawan pada Upacara HUT ke 79 Kemerdekaan RI di Pabrik Kertas Tjiwi Kimia

Meski kegiatan gratis ini baru pertama kali digelar, Yeni menambahkan, warga tetap bisa menikmati susur sungai setiap Sabtu sore atau Minggu pagi jika ada permintaan. 

"Biasanya, kami tidak mengadakan gratis, tapi jika ada warga yang ingin naik, bisa diatur," pungkasnya. (*)

Sumber:

b