HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Pabrik Pemanfaatan Limbah B3 di Kemlagi Mojokerto Terbakar, 1 Teknisi Alami Luka Bakar

Pabrik Pemanfaatan Limbah B3 di Kemlagi Mojokerto Terbakar, 1 Teknisi Alami Luka Bakar

Petugas PMK BPBD Kabupaten Mojokerto saat melakukan pembasahan. - (Foto : dok. BPBD Kabupaten Mojokerto).-

Mojokerto, diswaymojokerto.id - Kebakaran melanda pabrik PT Lancar Abadi Indonesia di Dusun Kemiri, Desa Kedungsari, Kemlagi, Mojokerto, Senin 19 Agustus 2024. Insiden ini menyebabkan satu teknisi mengalami luka bakar dan di larikan ke RSUD R A Basoeni. 

Kabid Pencegahan dan Kesiapan (PK) BPBD Kabupaten Mojokerto, Parmanto mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Awalnya pihaknya mendapatkan laporan bawahsannya terjadi Kebakaran di PT Lancar Abadi Indonesia. 

Petugas PMK BPBD Kabupaten Mojokerto kemudian menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan proses pemadaman dan pembasahan.

"Material terbakar penampungan oli bekas. Luas area terbakar 15 meter persegi, sedangkan penyebab kebakaran diduga dari percikan api dari proses pengelasan, dan kerugian material masih dalam penghitungan," terangnya. 


Kebakaran melanda pabrik PT Lancar Abadi Indonesia di Dusun Kemiri, Desa Kedungsari, Kemlagi, Mojokerto, Senin 19 Agustus 2024. - (Foto : dok. BPBD Kabupaten Mojokerto).-

Dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik BPBD Kabupaten Mojokerto, diterjunkan ke lokasi kebakaran. Selain itu pemadaman dibantu polsek, koramil, dan warga sekitar. 

"Api berhasil dipadamkan pukul 16.00 WIB. Akibat kejadian itu, satu teknisi, David mengalami luka bakar pada bagian punggung dan dirujuk ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan," pungkasnya. 

Sementara itu, Kapolsek Kemlagi, AKP Sugeng Budi Santoso membenarkan adanya kebakaran di PT Lancar Abadi Indonesia (LAI), namun terkait penanganan kebakaran ditangani Unit Reskrim Polres Mojokerto Kota. 

BACA JUGA:Deklarasi Pilkada Damai di Mojokerto Diikuti Perwakilan 18 Parpol

BACA JUGA:Ikfiina dan Gus Dulloh Terima Dokumen Model B Persetujuan Parpol dari DPP PKB

"Untuk penyabab ditangani Unit Reskrim Polres Mojokerto Kota," tambahnya. 

Perlu diketahui, PT. Lancar Abadi Indonesia (LAI) merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pemanfaatan limbah B3 khususnya pembuatan bata merah.

Sumber:

b