HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Jajanan Khas Mojokerto, Kenapa Harus Onde-onde?

Jajanan Khas Mojokerto, Kenapa Harus Onde-onde?

Onde-onde, jajanan khas Mojokerto yang legendaris-Foto : Elsa Fifajanti-

Telanjur menjadikan onde-onde sebagai salah satu jajanan khas Mojokerto, maka tanpa malu-malu lagi Kota Mojokerto mendeklarasikan diri sebagai kota onde-onde.

BACA JUGA:Dianggap Meresahkan, Pengamen di Kota Mojokerto Dirazia, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Jaga warisan Budaya, 7 Naskah Kuno Dilakukan Digitalisasi

Di beberapa sudut kota mudah kita temui hiasan-hiasan berbentuk bulat, yang bisa digunakan sebagai tempat nokrong. Dan itu telah dikenal sebagai bulatan onde-onde raksasa dari batu. 

Saat ini, mudah sekali mendapatkan makanan onde-onde. Tak hanya terpancang pada merk dagang Bo Liem. Onde-onde Mojokerto yang empuk, legit dengan ciri khas biji wijen mudah ditemui di setiap penjual jajanan.

Pemerintah Kota Mojokertopun seringkali membuat kegiatan pelatihan bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk pembuatan jajanan onde-onde. Bahkan setiap ada kegiatan di Pemkot Mojokerto, onde-onde diwajibkan ada sebagai salah satu jajanan suguhan. 


Pusat pembuatan onde-onde di Jalam Mpu Nala saat dikunjungi Khofifah Indar Parawansa-Foto : Humas Pemprov Jatim-

Dengan demikian, onde-onde Bo Liem bukanlah satu-satunya produsen jajanan fenomenal ini. Onde-onde telah dijual tersebar di seantero Kota Mojokerto. Harga dan rasa bersaing. Ada yang dibuat denga nisi berbagai macam, tak hanya kacang hijau. Ada keju, kacang, coklat serta durian. 

Mengapa harus onde-onde? Onde-onde konon sarat dengan filosofi ketekunan. Orang Eropa seringkali tertegun dengan penganan ini. Mereka kagum, betapa telatennya menempelkan biji wijen satu persatu di jajanan tersebut. 

BACA JUGA:Rumah di Pungging Mojokerto Ludes Dilalap si Jago Merah

BACA JUGA:Rumah dan Tempat Service Elektronik di Ngoro Mojokerto Terbakar

Padahal untuk menempelkan biji wijen tak perlu ditempelkan satu per satu, namun ada cara tertentu yang bisa membuat biji wijen menjadi serentak menempel di adonan. 

Tidak banyak yang tahu jika wijen di onde-onde memiliki manfaat yang sangat besar bagi kaum ibu yang tengah memberikan ASI untuk anaknya.

Butiran wijennya dapat menambah kandungan ASI pada ibu menyusui. Selain itu wijen juga bermanfaat untuk mencegah rambut beruban, membersihkan plak gigi dan mencegah penuaan dini. 

Jadi, kenapa onde-onde? Sudah tahu jawabannya, kan? Selain sedap juga kaya manfaat bagi kesehatan

Sumber:

b