Batik Kota Mojokerto Menyapa Pecinta Mode di Jakarta Muslim Fashion Week 2024

Batik Kota Mojokerto Menyapa Pecinta Mode di Jakarta Muslim Fashion Week 2024

penampilan para peserta JMFW asal Kota Mojokerto-(Foto : dok. Kominfo Kota Mojokerto)-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Kota Mojokerto semakin dikenal dalam industri mode melalui keikutsertaannya dalam Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 di Tangerang, Banten. Dengan mengunggulkan batik kontemporer dengan pewarnaan alam ratusan produk batik dan turunannya dipamerkan, tidak hanya pada booth namun juga turut serta dalam fashion show.

Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari menghadiri acara tersebut dan mengatakan bahwa partisipasi para pembatik dari Kota Mojokerto dalam JMFW 2024 merupakan langkah untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kota Mojokerto agar terus berkembang.

“Pemerintah pusat dan daerah terus bersinergi menyelenggarakan berbagai pameran untuk memfasilitasi para pelaku usaha agar produknya bisa diterima secara luas pasar," katanya saat meninjau stand pameran pada Kamis, 19 Oktober 2023.

Baca Juga: Batik Kontemporer Warna Alam Menggebrak JMFW

JMFW 2024 menjadi platform penting bagi para pelaku UMKM di Kota Mojokerto, khususnya para pembatik, untuk mempromosikan produk mereka.

“Saya berharap para pelaku UMKM memanfaatkan momen ini untuk mengembangkan bisnis mereka dan menarik perhatian pasar yang lebih luas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Perindustrian Kota Mojokerto, Ani Wijaya mengungkapkan kebanggaannya karena produk UMKM Kota Mojokerto bisa berpartisipasi dalam JMFW, mengingat banyak desainer terkenal yang turut serta dalam acara ini.

“Sangat bangga, karena tak mudah untuk bisa berada disini. Kami akan all out memanfaatkan kesempatan emas ini guna mempromosikan batik baru kita agar dikenal secara luas di nusantara," ungkapnya.

Baca Juga: Mojobatik Festival 2023, Menyemarakkan Industri Batik Kota Mojokerto


Dalam JMFW 2024, Kota Mojokerto mempromosikan motif batik kontemporer dengan tema 'Langit, Bumi, dan Flora Fauna Majapahit', yang menggunakan pewarna alami, ramah lingkungan, dan mendukung konsep ekonomi hijau (Green Economy).

batik ini merupakan hasil dari pendampingan dan kurasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) terhadap para pengrajin batik, desainer fashion, dan pelaku bisnis Kota Mojokerto.

JMFW 2024 resmi digelar mulai Kamis 19 Oktober 2023 sampai Minggu 21 Oktober 2023 dengan mengusung tema 'Discover Indonesia Modest Fashion Excellence' yang fokus pada penguatan ekosistem modest fashion di Indonesia. (*)

Sumber:

b