HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

HUT ke-73 IDI Dipusatkan di Lamongan, Stunting Jadi Agenda Utama

HUT ke-73 IDI Dipusatkan di Lamongan, Stunting Jadi Agenda Utama

Panitia pusat dan lokal dalam konferensi pers terkait perayaan HUT ke-73 IDI yang akan dipusatkan di Lamongan, Jatim.- (foto: Hari Sasongko)-

SURABAYA, mojokerto.disway.id - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan memperingati HUT ke -73. Peringatan itu juga diperingati sebagai Hari Dokter Nasional. Untuk itulah Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menggelar serangkaian kegiatan yang akan berlangsung mulai Sabtu - Selasa (21-24/10/2023) di Lamongan.

Ketua IDI Lamongan sekaligus Ketua Panitia Lokal HUT ke-73 IDI, dr Budi Himawan SpU menjelaskan, agenda utama kegiatan adalah charity for stunting. Stunting saat ini masih menjadi masalah gizi utama bagi bayi dan anak di bawah usia 2 tahun di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan tersendiri saat Indonesia tengah mempersiapkan generasi emas pada 2045 mendatang.

Baca Juga: Kelurahan Meri Luncurkan Program Ngaji Stunting

“Karena itu semua pihak, baik yang ada di pusat dan daerah, bersama-sama mengatasi dan menurunkan angka stunting. Sesuai dengan harapan Presiden Jokowi, di 2024 target stunting harus dibawah 14%. Sedangkan merujuk hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSG) 2022, angka stunting nasional masih tinggi, di atas 21,6% dan di Lamongan masih di atas 27%,” katanya saat konferensi pers di Sekretariat IDI Jatim di Jl Mayjen Prof Dr Moestopo, Surabaya, Kamis (19/10/2023).

dr Budi yang didampingi Ketua Umum PB IDI Dr dr Moh Adib Khumaidi SpOT dan Ketua IDI Jatim Dr dr Sutrisno Sp OG(K) menambahkan, sejumlah kegiatan telah dipersiapkan guna menyemarakkan HUT ke-73 IDI. Di antaranya pengobatan gratis oleh dokter spesialis dengan beragam ilmu di 32 puskesmas di Lamongan, yang mana setiap puskesmas diperkirakan melayani 150-200 pasien. IDI menyiapkan 179 dokter spesialis untuk kegiatan ini.

Juga ada festival olahraga dan seni yang menjadi rintisan pertama dalam rangkaian HUT IDI. Hanya 3 olahraga yang akan dipertandingkan, yakni badminton, tenis meja, dan futsal, yang diikuti seluruh dokter se-Indonesia. “Hingga saat ini sebanyak 200 dokter telah mendaftarkan diri,” katanya.

Akan ada bazar atau pesta rakyat yang menghadirkan berbagai kebutuhan rakyat bekerjasama dengan dinas terkait di Pemkab Lamongan. Serta pemberian sembako (beras) murah di alun-alun Lamongan sebagai bentuk simpati IDI atas naiknya harga beras dalam beberapa bulan terakhir. Telah disediakan beras 5 ton dalam kegiatan ini.

Selain itu juga akan ada stan UMKM dan kuliner dari masyarakat setempat, donor darah, serta ada komunitas musik untuk hiburan. Ada juga charity run, lari untuk umum sepanjang 7,3 km, gerakan orangtua asuh dokter untuk balita stunting hingga pemecahan Rekor MURI.

Kabid P2P Dinkes Kab. Lamongan dr Hilda mengapresiasi gelaran perayaan HUT ke-73 IDI di Lamongan. Kab Lamongan siap mendukung agar HUT IDI berjalan lancar. “Kami juga mengapresiasi akan adanya penggalangan dana untuk penanganan stunting mengingat angka stunting di Lamongan masih tinggi,” katanya.

Hilda mengatakan, meski hanya digelar 4 hari pihaknya optimistis gelaran HUT IDI di Lamongan mampu membangkitkan ekonomi dan sektor pariwisata. “Kami punya banyak UMKM dengan aneka produk unggulannya, juga objek wisata,” pungkasnya.

Sumber: idi

b