HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

4 Kota di Jatim Ini Perlu Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

4 Kota di Jatim Ini Perlu Waspadai Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat

Ilustrasi: Cuaca buruk. foto/pixabay--

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini pada Empat Wilayah di Jawa Timur di masa pancaroba ini. Agar waspada hujan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang pada siang hingga sore hari. 

Empat wilayah itu adalah Kota Malang, Kota Probolinggo, Bondowoso, dan Situbondo. Prakiraan itu disampaikan BMKG untuk hari Minggu-Senin ( 29-30/10/2023).

Sementara itu BMKG Juanda memberikan peringatan dini kepada sejumlah kota/kabupaten, agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem pada masa pancaroba. cuaca ekstrem itu dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi. Seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, serta hujan es hingga 31 Oktober 2023.

Wilayah itu di antaranya Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, Malang, Kota Malang, Probolingo, Ponorogo, Blitar, Jember, Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ngawi, Pasuruan, Situbondo, dan Tulungagung.

Baca Juga: Jangan Gunakan Sembarang Aplikasi Prakiraan Cuaca di Ponsel, Bisa-bisa Ramalan Jauh dari Faktanya

Sementara itu dalam Webinar BMKG, bertajuk 'Kapan Musim Hujan akan Datang', pada Sabtu (28/10/2023), Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, secara umum di sebagian Sumatera, Bengkulu, sebagian Kalimantan sudah mulai. Sedang di Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua, sudah mulai awal musim hujan di Bulan Oktober. 

''Sebagian besar musim hujan akan dimulai bulan November, seperti di Jawa, selatan Sumatera, selatan Kalimantan, dan sebagian Papua,'' katanya.

Sedangkan puncak musim hujan periode 2023/2024 di sebagian besar wilayah Indonesia diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2024.

Sumber:

b