Akibat Hujan Lebat, Tanah Longsor Tutup Jalan Penghubung Pacet-Trawas di Mojokerto

Rabu 07-02-2024,14:27 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Elsa Fifajanti

Mojokerto, mojokerto.disway.id  - Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan berdurasi lama mengakibatkan tanah longsor di jalan Penghubung Pacet-Trawas, Dusun Mligi, Desa Cempokolimo, Pacet, Mojokerto, Selasa (6/2/2024) sekitar pukul 18.30 WIB. Tanah longsor menutup sebagian jalan dan mengganggu arus lalu lintas.

 

 “Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG Juanda Surabaya di wilayah tersebut memang diguyur hujan intensitas lebat. Untuk luas luas area terdampak sekitar 4 meter lebar, 20 meter tinggi, dan 2 meter ketebalan,” ucap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim, Rabu (7/2/2024).

 
Proses evakuasi tanah longsor di Jalan penghubung Pacet - Trawas. -Foto : Dok BPBD kabupaten Mojokerto-

Khakim menambahkan, pihaknya bersama PUPR, TNI, Polri, PMI, potensi relawan, dan masyarakat setempat melakukan evakuasi tanah longsor secara manual dan dibantu mobil tangki air.

 

“Sekitar pukul 21.40 WIB longsor berhasil dievakuasi. Arus lalu lintas kembali normal dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” imbuhnya.

 

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat akan potensi bencana hidrometeorologi di Mojokerto, khususnya pada daerah pegunungan yang kerap terjadi bencana longsor.

 
Tanah longsor di jalan Penghubung Pacet-Trawas, Dusun Mligi, Desa Cempokolimo, Pacet, Mojokerto, Selasa (6/2/2024) sekitar pukul 18.30 WIB-Foto : Dok BPBD kabupaten Mojokerto-

Sebelumnya Bupati Mojokerto telah mengeluarkan surat edaran dengan nomor 360/6856/416-205/2023 tentang kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi. (*)

Kategori :