Jelang Lebaran, Dishub Jatim Intensifikasi Pemantauan di Jalur Alternatif Mojokerto - Batu via Cangar

Sabtu 30-03-2024,16:29 WIB
Reporter : Fio Atmaja
Editor : Eno

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Menjelang libur pada perayaan idul Fitri 1445 H/ 2024, Dishub Jawa Timur terus mengintensifkan pemantauan di jalur alternatif Mojokerto - Batu via Cangar.

Hal itu dilakukan menyusul meningkatnya volume wisatawan yang hendak berlibur saat musim libur Lebaran. Jalur ini sering dilewati oleh wisatawan menuju destinasi wisata di kawasan Batu, dan Pacet.

"Selain itu, Dishub Jatim  akan melakukan pemasangan papan wajib istirahat di Sendi dan menggulirkan penambahan dinding sekam di jalur penyelamatan tikungan Gotean Pacet untuk mengurangi risiko kecelakaan, dan rem blong," ucap Kasi Dalops UPT LLAJ Mojokerto Dishub Jawa Timur, Akhmad Yazid, Sabtu (30/3/2024).


UPT LLAJ Mojokerto Dishub Jawa Timur saat melakukan pengecekan di jalur Cangar, Rabu (27/3/2023). -Dok. UPT LLAJ-

Menurutnya, tempat penyelamatan darurat ini dianggap penting untuk dimaksimalkan guna menekan dampak kecelakaan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan relawan dan pihak terkait jalur tersebut.

"Jalur ini sering dilewati wisatawan, baik dari Mojokerto menuju Batu maupun sebaliknya. Volume kendaraan saat libur Lebaran juga pasti mengalami peningkatan," ujarnya.

Selain itu, Dishub akan segera menyelesaikan penambahan rambu lalu lintas di sepanjang jalur ekstrem ini, mengingat sejumlah rambu di beberapa titik telah hilang. 

"Misalnya, rambu larangan berhenti dan ambil foto di Jembatan Cangar. Titik tersebut rawan, maka prasarana lalu lintas segera kami tindak lanjuti untuk menjadi perhatian pemudik dan pengendara pada umumnya," tambahnya.

Pemasangan papan larangan dianggap penting karena pengendara seringkali berhenti di jembatan, menyebabkan kemacetan lalu lintas. Selain itu, Dishub juga memasang banner peringatan sebagai pengingat kepada pengguna jalan. (*)

Kategori :