Menparekraf Sandiaga Uno: Produk Kreatif Kota Mojokerto Berpeluang Besar Bersaing ke Panggung Nasional

Selasa 15-10-2024,20:45 WIB
Reporter : Eno
Editor : Eno

Acara ini dihadiri oleh Menparekraf  Sandiaga Uno, didampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, serta Pj Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro.

Mereka kompak menegaskan pentingnya program inkubasi ini dalam mendukung perkembangan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) lokal.

Tujuannya adalah untuk membantu pelaku kreatif Mojokerto agar dapat bersaing tidak hanya di pasar lokal tetapi juga di panggung nasional dan internasional.

Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto Moh Ali Kuncoro, juga menekankan bahwa acara ini merupakan langkah strategis untuk menjadikan Mojokerto sebagai kota kreatif yang menggabungkan tradisi dan inovasi. 

"Produk-produk ini tidak hanya membawa identitas Mojokerto, tetapi juga menggabungkan inovasi modern yang membuatnya relevan dengan pasar nasional," ujar Ali Kuncoro dalam sambutannya.

Showcase ini menampilkan karya dari lima subsektor kreatif, masing-masing dengan potensi besar untuk menembus pasar yang lebih luas.

Dari subsektor desain arsitektur dan interior, peserta menampilkan inovasi desain yang memadukan unsur arsitektur tradisional Mojokerto dengan elemen modern untuk Pusat Grosir Sepatu (PGS) Kota Mojokerto. Sementara di bidang desain komunikasi visual, ditampilkan karya grafis yang bisa digunakan dalam promosi dan pemasaran.

Bidang fesyen juga menjadi sorotan dengan koleksi yang mengangkat motif batik khas Mojokerto, dikombinasikan dengan tren fesyen modern dan ramah lingkungan.

Di subsektor kriya, produk kerajinan tangan terinspirasi dari sejarah Majapahit dan kearifan lokal Mojokerto dipamerkan, sementara bidang desain produk menampilkan inovasi yang memadukan fungsi dan estetika.

Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya mengatakan bahwa acara ini merupakan langkah penting untuk memperkenalkan produk UMKM Mojokerto ke pasar yang lebih luas. 

"Showcase ini adalah bukti kolaborasi antara Kemenparekraf dan Pemkot Mojokerto dalam memoles UMKM dan IKM, agar lebih dikenal dan disukai oleh masyarakat luas. Kami fokus pada branding produk agar lebih komersial dan sesuai tren pasar.

Desain produk alas kaki telah di-upgrade agar lebih relevan dengan kebutuhan konsumen saat ini. Begitu pula dengan fesyen yang mengedepankan konsep ramah lingkungan dengan menggunakan bahan alami dan warna yang ramah lingkungan," kata Ani Wijaya.

Dengan adanya acara ini, Pemerintah Kota Mojokerto bersama Kemenparekraf berharap dapat memperluas akses pasar bagi pelaku UMKM lokal. Teknologi digital juga menjadi elemen penting dalam strategi mereka untuk memperluas jangkauan.

UMKM diajarkan untuk memanfaatkan platform digital seperti e-commerce dan media sosial untuk menjangkau konsumen di seluruh Indonesia, bahkan mancanegara.

Kategori :