Pengendalian Inflasi, PJ Wali Kota M Ali Kuncoro Tekankan Sidak dan Operasi Pasar jelang Nataru

Pengendalian Inflasi, PJ Wali Kota M Ali Kuncoro Tekankan Sidak dan Operasi Pasar jelang Nataru

PJ Wali Kota Mojokerto langsung mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi secara daring dengan Mendagri di ruang Command Center Pemkot Mojokerto-Kominfo Kota Mojokerto for Disway Mojokerto-

 

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Pj Wali Kota Mojokerto M Ali Kuncoro S.STP, M.Si mengikuti rapat koordinasi pengendalian inflasi. Hal itu langsung dilakukan usai memimpin apel di halaman Pemkot Mojokerto Senin, 11/12/2023 pagi. 

 

Pada rapat koordinasi yang rutin digelar tiap Senin pagi bersama Mendagri Tito Karnavian tersebut, PJ Wali Kota Mojokerto mengikuti secara daring berstaf Pemkot Mojokerto di ruang Command Center Pemkot Mojokerto. Diantaranya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mojokerto, Ruby Hartoyo; Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Mengengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, Ani Wijaya; serta Kepala BPS Kota Mojokerto, Mimik Nurjanti. 

 

Pada rapat daring tersebut, Mendagri Tito Karnavian menyebutkan beberapa komoditas yang harus diwaspadai bisa mengalami kenaikan harga. Komoditas terswbut diantaranya, cabai rawit, canai merah, dan bawang merah. 

 

Disebutkan bahwa terdapat 4.18 % unit usaha pertanian yang mengusahakan komoditas cabai. ‘’Usaha pertanian tersebut lebih banyak didominasi di daerah Jaw, sebagian Sumatera, Sulawesi, dan NTB,’’ katanya.

 

Menurut Tito, kondisi tersebut akan rentan sekali bagi daerah yang lain. ‘’Pada masa-masa tertentu suplai bisa berkurang dan mengakibatkan kenaikan harga,’’ tuturnya.

 

Karena itu perlu dilakukan sinergi dan kolaborasi dengan antar daerah. ‘’Salah satunya dengan mendatangkan cabai dari daerah surplus ke daerah minus,’’ tambahnya.

 

BACA JUGA:Hari Pertama, Pj Wali Kota Mojokerto Langsung Pimpin Apel. Tekankan Komitmen Pelayanan Masyarakat

 

Dalam rakor pengendalian inflasi tersebut, M Ali Kuncoro yang juga Kadispora Jatim itu serius mengikuti dan memperhatikan dengan seksama catatan-catatan yang ada. Bahkan sesekali dia meminta data dari staf yang ikut dalam rakor inflasi tersebut. 

 

Menanggapi atensi Mendagri Tito Karnavian, usai rakor inflasi, M Ali Kuncoro menegaskan akan menindaklanjutinya dengan berbagai langkah. Diantaranya dengan mengadakan pasar murah dan sidak pasar menjelang natal 2023 dan tahun baru 2024.

 

Disebutkan bahwa sebelum Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 nanti, pihaknya akan melakukan intervensi di lapangan. ‘’Akan kita adakan pasar murah serta sidak pasar. Akan kami cek betul kondisinya,’’ katanya.

 

BACA JUGA:Muhammad Ali Kuncoro Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Mojokerto, Ini Sederet Riwayat Jabatannya

 

Harapannya, dengan sidak dan operasi pasar murah nanti akan bisa diketahui san dijaga agar tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan. ‘’Sehingga inflasi akan tetap terjaga,’’ tegasnya. (*)

Sumber:

b