Ribuan APK di Kota Mojokerto Jadi Sampah Pemilu 2024 Segera Dimusnahkan

Ribuan APK di Kota Mojokerto Jadi Sampah Pemilu 2024 Segera Dimusnahkan

Komisioner Bawaslu Kota Mojokerto--

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2024 hasil penertiban selama kampanye dan masa tenang masih menumpuk di kantor Bawaslu Kota Mojokerto bakal dismusnahkan.

Ketua Bawaslu Kota Mojokerto, Dian Pratmawati mengatakan, seluruh APK yang menjadi sampah Pemilu 2024 itu akan dimusnahkan. Namun, pemusnahan belum dilakukan karena penyelenggara masih fokus di surat suara.

“Rencananya ribuan APK akan dibakar atau dihancurkan setelah tahap rekap selesai, dan tahap penetapan,” ucapnya, Selasa (27/2/2024).

Pihaknya juga mempersilahkan masyarakat untuk mengambil dan memanfaatkan kembali material bekas APK yang mayoritas berbahan kayu dan vinyl. Ia menyebutkan bahwa ada material APK yang tidak bisa terurai dan tidak boleh dibuang di TPA.


Jadi sampah Pemilu 2024, ribuan APK di Kota Mojokerto akan dimusnahkan. -Foto : Fio Atmaja-

“Kami menyarankan masyarakat yang ingin memanfaatkan untuk membalik material APK agar tidak terlihat nama nama caleg atau partai,” ujarnya.

Selama masa tenang saja ada kurang lebih dari ratusan APK yang tertibkan, belum termasuk pelanggaran di masa kampanye.

“Makanya, monggo kalau masyarakat mau memanfaatkannya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kota Mojokerto melakukan 4 kali penertiban APK yang melanggar peraturan di masa Kampanye yang dimulai tanggal 28 November 2023 sampai 2 Februari 2024. Mereka menemukan 2.031 APK, dan BK yang ditertibkan. (*)

Sumber:

b