HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Jelang Keberangkatan Haji, 14 CJH Cadangan Mojokerto Tengah Diupayakan Berangkat Tahun Ini

Jelang Keberangkatan Haji, 14 CJH Cadangan Mojokerto Tengah Diupayakan Berangkat Tahun Ini

Kankemenag Kabupaten Mojokerto saat menggelar manasik haji beberapa waktu lalu. (Foto : dok. Kankemenag Kabupaten Mojokerto).- (Foto : dok. Kankemenag Kabupaten Mojokerto).-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Kankemanag Kabupaten Mojokerto tengah mengupayakan 14 Calon Jemaah Haji (CJH) cadangan belum naik status berangkat ke tanah suci agar statusnya naik masuk kloter keberangkatan tahun ini. 

“Kami masih menunggu, kalau ada kesempatan naik jadi kuota keberangkatan. 14 CJH tersebut sudah melunasi biaya haji,” terang Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Mojokerto, Nur Rokhmad, Jumat (10/5/2024).

Rokhmad menjelaskan, jumlah CJH akan dipastikan berangkat ada 1.098 orang. Atau kurang 280 CJH dari total kuota diberikan Kanwil Kemenag Jatim, sebanyak 1.378 CJH. 

“CJH masuk list berangkat sampai dengan pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten berjumlah 1.098 dan insya Allah dipastikan berangkat ke tanah suci,” ujarnya. 


Kankemenag Kabupaten Mojokerto saat menggelar manasik haji beberapa waktu lalu.- (Foto : dok. Kankemenag Kabupaten Mojokerto).-

Mereka merupakan gabungan dari CJH reguler telah melunasi Bipih di tahap pertama dan tahap kedua, serta CJH mutasi keluar-masuk, petugas dan pendamping.

“Untuk Jemaah yang terkendala istitha’ah kesehatan dan belum melunasi Bipih ada 11,” bebernya.

Sebelumnya Kankemenag Kabupten Mojokerto juga telah menggelar manasik haji mulai 30 April - 1 Mei se - kabupaten, sedangkan manasik tingkat kecamatan akan pada 4-9 Mei 2024. 

BACA JUGA:Kakemenag Kota Mojokerto Himbau Waspadai Penipuan Keberangkatan Haji

BACA JUGA:1127 Calon Jemaah Haji Asal Mojokerto Laksanakan Bimbingan Manasik dari Kakenmenag

“Tujuan bimbingan manasik menjadi ajang untuk memberikan pembekalan dan simulasi bagi jemaah saat melaksanakan ibadah haji,” tambahnya. 

Saat ini, berkas mereka sudah disodorkan ke sistem komputerisasi haji terpadu (Siskohat) untuk bisa disetujui berangkat ke Tanah Suci. 

Rombongan haji Kabupaten Mojokerto dijadwalkan bertolak ke Tanah Suci pada 28 Mei nanti. Mereka tergabung dalam kloter 65, 66, dan 67 embarkasi Surabaya (SUB) yang akan bertolak menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada 29 Mei mendatang. (*)

 

Sumber:

b