HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Tumbuhkan Rasa Cinta Kebangsaan, Disparbud Jember Gelar Sekolah Kunjungan Museum

Tumbuhkan Rasa Cinta Kebangsaan, Disparbud Jember Gelar Sekolah Kunjungan Museum

Rapat gabungan instansi terkait membahas program sekolah kunjungan museum untuk lebih mengenalkan Jember Heritage kepada pemuda dan masyarakat Jember-Diskominfo Kabupaten Jember for Disway Mojokerto-

 

Jember, mojokerto.disway.id - Disparbud Kabupaten Jember gelar sekolag kunjungan museum. Langkah itu untuk penumbuhan kesadaran sejarah di kalangan pemuda.

Kepala Disparbud Kabupaten Jember, Bambang Rudyanto, mengatakan, pemuda merupakan penerus estafet bangsa. ''Sehingga harus memahami sejarah peradaban bangsanya,'' katanya, usai menggelar rapat dengan instansi terkait di Aula Bawah Pemkab Jember, Rabu, 8/5/24.

BACA JUGA:Pemkab Jember - Kodim Salurkan Bantuan Pompa Air Kepada 28 Kelompok Tani

Disebutkan, pengetahuan sejarah bagi kalangan muda ini sangat penting. ''Setidaknya untuk menumbuhkan rasa memiliki serta cinta terhadap bangsa dan negara,'' tambahnya.

Pemberian pengetahuan sejarah peradaban bangsa ini bisa dilakukan melalui bangku sekolah. ''Bisa juga melalui pengenalan pada situs maupun museum sejarah,'' tuturnya.


Rapat rencana gelar kegiatan Sekolah Kunjungan Museum dan Oud Jember Heritage Track yang digagas Disparbud Jember dengan instansi terkait di Aula Bawah Pemkab Jember.-Diskominfo Kabupaten Jember for Disway Mojokerto-

Karena itu, perlu mendekatkan pemuda dan masyarakat dan pelajar kepada sejarah peradaban bangsa. Untuk itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan Institut Museum dan Cagar Budaya Nusantara. 

Kegiatannya dikemas dalam bentuk Sekolah Kunjungan Museum dan Oud Jember Heritage Track. ''Heritage sangat mempunyai peranan yang penting. Tak hanya dari nilai sejarah, tetapi juga dari nilai sosial-budaya masyarakat,'' sahutnya.

Karena itu, pengenalan situs sejarah kepada pelajar dan masyarakat umum sangatlah penting. ''Kalau kelestarian heritage bisa dipertahankan, eksistensi sejarah perkembangan kota dari aspek perekonomian serta nilai sosial budaya masyarakat Jember juga bisa dilestarikan,'' tegasnya. 

BACA JUGA:Ada PR yang Harus Diselesaikan, Bupati Jember Pacu Transaksi Digital

Selain itu, pengenalan dan pemberian pemahaman terkait sejarah peradaban, bisa mengenalkan warisan budaya. ''Sehingga masyarakat benar-benar bisa memahami sejarah peradaban budaya,'' paparnya. 

Dengan pengenalan berbagai hal mengenai sejarah dan kebudayaan, bisa meningkatkan rasa cinta tanah air dan rasa memiliki terhadap warisan budaya serta sejarah Jember. Selain itu, juga sebagai wahana penguatan karakter dan edukasi ilmu pengetahuan generasi penerus bangsa.


Sekolah kunjungan museum dan oud Jember untuk lebih mengenalkan budaya dan sejarah Jember. Pengenalan akan melibatkan berbagai pihak seperti dalam rapat perencanaan sekolah kunjungan museum-Diskominfo Kabupaten Jember for Disway Mojokerto-

Sumber:

b