Pemkab Mojokerto Gelontorkan Rp 3,1 Miliar untuk RTH di Sooko

Pemkab Mojokerto Gelontorkan Rp 3,1 Miliar untuk RTH di Sooko

Wisata Desa Gelang Puri salah satu proyek pendukung RTH di Kabupaten Mojokerto-Fio Atmaja-

Mojokerto, mojokerto.disway.id -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto akan membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) seluas sekitae satu hektare di lapangan sebelah SMAN 1 Sooko.

Pemkab Mojokerto melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3,1 miliar

Kepala DLH Kabupaten Mojokerto, Zaqqi menjelaskan  lapangan tersebut aset Pemkab Mojokerto bukan SMAN 1 Sooko dan tidak dalam sengketa. 

"Jika lapangan tersebut sebelumnya memang milik SMAN 1 Sooko. Saat pengelolaan SMA ditarik ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, Pemkab Mojokerto menyerahkan hanya area sekolah ditempati bangunan sekolah  tanpa lapangan. Itu asetnya Pemda tidak ada masalah," terangnya, Rabu (4/10/2023). 

Zaqqi mengatakan, saat ini progres pembangunan RTH masih dalam tahap evaluasi dalam proses lelang di PBJ (Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). 

"Konsep RTH tersebut berbeda dengan RTH yang dibangun melalui dana Bantuan Keuangan Desa (BK Desa)," ucapnya.

Pembangunan RTH ini mengusung konsep Mojopahitan. Nantinya RTH ini akan dilengkapi fasilitas umum  seperti foodcourt, air mancur, gasebo, playground, gapura, tempat parkir, toilet, dan pujasera.

"Selain fasilitas umum, RTH nantinya akan mengakomodir olahraga panahan akan ditempatkan di area belakang sebelah barat," ujarnya.

Pihaknya berharap realisasi pembangunan RTH Sooko akan rampung tepat waktu, 17 Oktober hingga Desember 2023. Diharapkan keberadaan RTH Sooko bermanfaat bagi masyarakat dan memunculkan roda perekonomian baru bagi Kabupaten Mojokerto.

"Kami target pembangunan RTH Sooko selama dua bulan atau 60 hari, kemungkinan selesai pertengahan Desember 2023," tandasnya. (*)

Sumber:

b