Ngopi Bareng Bupati Bersama Karang Taruna Kecamatan Mojosari, Bahas Isu Pengelolaan Sampah

Ngopi Bareng Bupati Bersama Karang Taruna Kecamatan Mojosari, Bahas Isu Pengelolaan Sampah

Pengurus Karang taruna se Kecamatan Mojosari Ngopi bareng Bupati Minggu (9/6) malam-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati kembali berdialog dan menampung aspirasi para anggota Karang Taruna melalui program Ngopi (ngobrol pemuda inovatif). 

Kegiatan diadakan di kantor Kecamatan Mojosari, melibatkan para pengurus Karang Taruna (Kartar) desa/kelurahan se-kecamatan Mojosari. 

Ada beberapa hal terkait isu sosial yang dibahas pada acara tersebut, namun yang mendapat porsi paling intens adalah mengenai permasalahan pengolahan sampah.

Pengolahan sampah tampaknya masih menjadi masalah serius bagi beberapa wilayah desa dan kelurahan di Mojosari.


Bupati Ikfina Fahmawati ngopi bareng bersama Karatng taruna se Kecamatan Mojosari-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Ada beberapa keluhan dan masukan yang diberikan oleh perwakilan Kartar kepada Bupati Ikfina, salah satunya,  pengajuan pembangunan TPS3R yang akhirnya dibahas secara mendalam pada acara Ngopi tersebut.

"Untuk sarana dan prasarana pembuangan sampah seringkali menjadi polemik baru,  jika pengolahan dan manajemennya tidak konsisten. Adanya TPS3R tidak lantas menghilangkan masalah sampah ini, peraturan desanya harus jelas, warganya juga harus mau diajak bekerja sama dalam memilah sampah rumah tangga, dan yang paling penting biaya operasionalnya, karena tidak sedikit TPS3R di Kabupaten Mojokerto ini yang mangkrak karena biaya operasional," tutur Ikfina pada Minggu (9/3) malam

BACA JUGA:Peringati Hari Lingkungan Hidup, Inilah Kegiatan DLH Kabupaten Mojokerto

Ikfina menjelaskan terkait tantangan untuk membangun dan mengoperasionalkan sarana pengolahan pembuangan akhir.

TPA Karang Kedawang, missalnya,  untuk bisa mengoperasionalkan TPA Karang Kedawang dibutuhkan perjuangan ekstra  respon masyarakat yang kurang berkenan kala itu, padahal lokasi TPA tersebut terbilang jauh dari pemukiman warga.


Ngobi bareng karang taruna bersama Bupati Mojokerto berlangsung gayeng-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Dengan usaha keras, akhirnya TPA Karang Kedawang bisa dioperasionalkan hingga sekarang. Kendati demikian Ikfina masih berencana untuk menambah TPA di Kabupaten Mojokerto, hal ini dilakukannya untuk melayani kebutuhan masyarakat dalam pengelolaan sampah.

BACA JUGA:Bupati Mojokerto Tekankan Setiap Sekolah Wajib Laksanakan Program Trias UKS

"Nanti akan kami rencanakan untuk menambah TPA di Kabupaten Mojokerto ,''janjinya.

Sumber:

b