KPU Kota Mojokerto Luncurkan ''Kerto dan Kerti'' serta Mojokerto Kota Keren

KPU Kota Mojokerto Luncurkan ''Kerto dan Kerti'' serta Mojokerto Kota Keren

Maskot Pilwali Kota Mojokerto 2024 bernama Kerto dan Kerti-Foto : Elsa Fifajanti-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Menjelang Pilkada serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mojokerto meluncurkan maskot dan jingle Pilkada. ''Kalau di Kota Mojokerto, ya kita launching maskot dan jingle Pilwali Kota Mojokerto,'' kata Ketua KPU Kota Mojokerto, Saiful Amin, Selasa (11/6).

Ada yang menarik terkait maskot Pilwali Kota Mojokero 2024 ini, yakni berupa sepasang burung Garuda, yang mengenakan pakai 'ala' Majapahitan. ''Biasanya maskot hanya satu, tapi KPU Kota Mojokerto memilih meluncurkan sepasang Garuda dengan pakaian ala khas ala Majapahit, sehingga terkesan Garuda mengenakan pakaian perempuan dan laki-laki,'' ungkap Saiful Amin.

Filosofinya, bahwa pemilih tidak hanya laki-laki tapi juga kaum perempuan, memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam Pilkada. Maskot Pilkada kota Mojokerto ini diberi nama Kerto dan Kerti.   


KPU Kota Mojokerto mengdakan sosialisasi Pilwali Kota Mojokerto 2024-Foto : Elsa Fifajanti-

''Kerto kita ambil dari penggalan Mojokerto yang berarti kemakmuran, keadilan, kesejahteraan dan lain-lain, sedangkan Kerti melambangkan kesemuanya yang berkonotasi pada perempuan, kita ini memberi keadilan kepada laki-laki dan perempuan, utamanya pada Pilwali Kota Mojokerto 2024,'' tuturnya. 

BACA JUGA:Jelang Pilkada Serentak 2024, KPU Kota Mojokerto Gelar Jalan Sehat

Selain peluncuran maskot, KPU Kota Mojokerto juga meluncurkan jingle Pilwali 2024. Jingle tersebut diberi judul Mojokerto Kota Keren. Lirik dari jingle dibuat dalam bahasa Jawa Mojokertoan dicampur lirik dalam Bahasa Indonesia. Lirik dalam jingle tersebut mengajak masyarakat Kota Mojokerto berbondong-bondong memberikan suaranya dalam Pilwali yang akan digelar 27 November 2024 nanti. 

BACA JUGA:Dok! KPU Kota Mojokerto Tetapkan Perolehan Kursi dan Anggota DPRD Kota Mojokerto

Saiful Amin mengatakan, Maskot dan Jingle Pilwali Kota Mojokerto 2024 ini diluncurkan pada Rabu 12 Juni 2024 di GOR Seni Majapahit Jl Gajah Mada Mojokerto. ''Kita akan undang semua stakeholder Pemilu serta Forkopimda Kota Mojokerto untuk menyaksikan peluncuran Maskot dan Jingle tersebut,'' ungkap Amin. (*)

Sumber:

b