HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Aplikasi Tumbas, Milik Pemkab Mojokerto Berpeluang Masuk 5 Besar Inovasi Nasional Terbaik

Aplikasi Tumbas, Milik Pemkab Mojokerto Berpeluang Masuk 5 Besar Inovasi Nasional Terbaik

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati memberikan sambutan pada launching aplikasi Tumbas milik Pemkab Mojokerto-Foto : Dinas Kominfo Kabupaten Mojokerto-

Ia mengatakan awalnya cuma diambil 6 besar, lalu  Menteri PAN RB minta 10 besar. Kabupaten Mojokerto masuk dalam 10 besar ini. Proses wawancara butuh 30 menit saja. Yakni 10 menit presentasi, 20 menit wawancara, dan 10 menit penentu apakah inovasi disajikan dengan bagus.

''Kami bahkan mengapresiasi Tumbas, yang menyediakan fitur pay later Rp 200 ribu untuk ASN. Kami harap Tumbas bisa masuk 5 besar," harap Bevaola.

BACA JUGA:Program Bangga Kencana Antarkan Bupati Ikfina Terima Penghargaan MKK dari BKKBN RI

Siswadi Asisten Administrasi Umum Kabupaten Mojokerto melaporkan super apps Mojosakti adalah platform digital yang menggabungkan berbagai layanan publik dalam satu wadah aplikasi.

Aplikasi ini dibangun untuk meningkatkan kebutuhan layanan publik dengan menggabungkan berbagai aplikasi.

BACA JUGA:Peringati Ke-77 HKI, Bupati Ikfina Harap Koperasi Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Bumi Majapahit

"Tujuan super apps Mojosakti ini agar layanan publik makin mudah, cepat, murah dan akurat. Saat ini beberapa fitur layanan publik telah diinstall di Mojosakti meliputi administrasi kependudukan, permohonan informasi, tata ruang, cuaca, berita dan live streaming. Untuk kesehatan, perpajakan, perizinan dan ketenagakerjaan, secepatnya akan segera diintegrasikan secara bertahap," kata Siswadi.

BACA JUGA:Bupati Ikfina Sosialisasikan Program Gagah Bencana Pada TP PKK Kecamatan Trawas

Terkait ASN Tumbas Duk UMKM, Siswadi menerangkan, aplikasi ini merupakan pengembangan marketplace Tumbas yang diresmikan April 2022 lalu. Aplikasi Ini dibangun untuk kebutuhan dan upaya strategis pelaksanaan reformasi birokrasi yang berdampak. Misalnya untuk peningkatan produk dalam negeri (PDN), dan pengendalian inflasi. Demikian juga untuk Talangan Hepp1, dibangun untuk kemudahan meminjam dalam tempo sebulan. (*)

 

Sumber:

b