HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Perbaikan dan Pelebaran Jalan di Perlintasan KA Blooto Mojokerto Dimulai, Akses Dibuat Lebih Landai

Perbaikan dan Pelebaran Jalan di Perlintasan KA Blooto Mojokerto Dimulai, Akses Dibuat Lebih Landai

Proses pengerjaan. Akses jalan di perlintasan KA Blooto dibuat landai.-Foto : Fio Atmaja-

Mojokerto, Mojokerto.disway.id - Perbaikan jalan di perlintasan sebidang kereta api (KA) Blooto, Prajurit Kulon, Kota Mojokerto kini mulai dikerjakan. Dari sebelumnya akses jalan tersebut agak menanjak kini dibuat landai. 

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mojokerto,  Imam Safi'i mengatakan, perbaikan jalan tersebut dan rencana pelebaran jalan di atas perlintasan kereta api atas rekomendasi dari kementerian perhubungan. 

"Akses jalan di perlintasan sebidang tersebut arah ke Rejoto dan Satpas Polres Mojokerto Kota, kondisi gradien jalan agak nanjak. 

Kondisi eksisting dari empat sisi jalan ini dinilai terlalu curam kemiringannya," terangnya, Senin (12/8/2024). 

Perbaikan akses jalan dikerjakan oleh DPUPR Kota Mojokerto. Semuanya diratakan agar lebih landai. 

Imam menyebut, gradien arah ke Satpas Polres Mojokerto Kota tingkat kemiringan gradien 20 persen atau kurang lebih 45 derajat. Sedangkan arah ke Rejoto kemiringan gradien 10 persen. 

"Paling parah arah ke satpas 20 persen sehingga harus diratakan dan dilandaikan," ujarnya. 

Selain perbaikan gradien jalan, pelebaran jalan di atas perlintasan kereta api dalam waktu dekat akan dikerjakan. Sebelumnya lebar jalan di atas perlintasan hanya selebar 3,6 meter ditingkatkan menjadi 6 meter.


Dishub Kota Mojokerto menempatkan personel di KA Blooto.-Foto : Fio Atmaja-

"Kami sudah melayangkan surat izin perluasan jalan tersebut.  Saat ini masih menunggu izin dari KAI. Harapannya nanti jalan bisa digunakan untuk dua jalur," katanya. 

Setelah semua proses pengerjaan tersebut selesai, Kemenhub akan meninjau kelayakan jalan sebelum dioperasikan palang pintu. 

"Setelah uji kelayakan dan mendapatkan sertifikat uji, palang pintu akan dioperasikan," bebernya. 

BACA JUGA:Tunggu Serah Pengoperasian, Sejumlah Personel Ditempatkan di Perlintasan KA Blooto

Perlengkapan alat sudah lengkap, baik perangkat lunak untuk palang pintu KA juga sudah dilengkapi oleh Kemenhub. Termasuk, Dishub Kota Mojokerto juga sudah menyiapkan empat personel untuk tenaga penjaga. 

Sumber:

b