HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Tim Penggerak PKK Morowali Utara Lakukan Studi Tiru ke TP PKK Kota Mojokerto

Tim Penggerak PKK Morowali Utara Lakukan Studi Tiru ke TP PKK Kota Mojokerto

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto, Nia Wayanti memberi sambutan selamat datang pada rombongan studi tiru dari TP PKK Morowali Utara-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

Mojokerto, diswaymojokerto.id - Pj Ketua TP-PKK Kota Mojokerto, Nia Wayanti Ali Kuncoro menyambut hangat kunjungan studi tiru rombongan TP-PKK Kabupaten Morowali Utara, Provinsi Sulawesi Tengah, di Gedung Sentra IKM Batik Maja Bharama Wastra, Selasa 20 Agustus 2024

“Selamat datang di Kota Mojokerto, kota terkecil se Jawa Timur yang merupakan episentrum Kerajaan Mojopahit. Semoga merasa betah dan nyaman,'' ujar Bunda Nia, sapaan akrabnya.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali Utara, Febriyanthi Hongkoriwang DJ ini sebelumnya telah diajak berkeliling mengunjungi kampung mandiri kelurahan Pulorejo yang telah berhasil mengembangkan kebun kelor.


Ketua TP PKK Kota Mojokerto Nia Wayanti memberikan cindera mata kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali Utara, Febriyanthi Hongkoriwang DJ -Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

"Disini kami tidak hanya menanam kelor, tetapi juga mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat seperti dawet daun kelor, brownis dan lain sebagainya," ungkap Nia Wayanti.

Usaha ini menurutnya sejalan dengan misi PKK dalam memberdayakan masyarakat melalui peningkatan ketahanan ekonomi keluarga dengan memanfaatkan potensi sumber daya lokal.

Dekranasda Kota Mojokerto, lanjutnya, mengambil peran dalam upaya pembinaan terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi kreatif khususnya kegiatan yang mendukung program tersebut.

Antara lain fesyen dengan batik berciri khas corak majapahit seperti menara Tribuana Tunggadewi, tugu wiraraja, surya majapahit yang dapat diaplikasikan kedalam produk kerajinan turunan batik antara lain alas kaki, tas, topi dan aksesoris


Aktivis Tim Penggerak PKK dari Morowali dan TP PKK Kota Mojokerto berfoto bersama-Foto : Dinas Kominfo Kota Mojokerto-

"Selain itu kami juga ingin memperkenalkan sentra IKM batik sebagai salah satu wujud pemanfaatan potensi daerah dalam membangun dan mengembangkan industri kreatif. Disini kita dapat melihat bagaimana proses pengolahan dan pengelolaan batik dilakukan dengan memeperhatikan kualitas dan inovasi sehingga dapat bersaing di pasar yang lebih luas," pungkansya.

Nia Wayanti berharap, kunjungan studi tiru ini bisa memberi inspirasi dan manfaat yang besar bagi TP-PKK Kabupaten Morowali Utara.

"Semoga apa yang kami sajikan dapat menjadi bahan kajian yang bermanfaat bagi pengembangan kelembagaan PKK dan Dekranasda disana," imbuhnya.

BACA JUGA:Kemendag RI Beri Motivasi di Dua Sekolah Mojokerto, Tegaskan SDM Unggul Kunci Kemajuan Ekonomi Indonesia

BACA JUGA:Prokasih, DLH Bersama Aliansi Air dan Disway Mojokerto, Bersihkan Sampah Sungai Tekuk di Desa Pekuwon, Kecamat

Sumber:

b