KPU Mojokerto Telah Terima 869.583 Lembar Surat Suara untuk Pilkada 2024

KPU Mojokerto Telah Terima 869.583 Lembar Surat Suara untuk Pilkada 2024

Surat suara Pilbup Mojokerto saat tiba di Gudang Bulog Cabang Surabaya Selatan.- Foto : dok. KPU Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, Diswaymojokerto.id - Sebanyak 869.583 lembar surat suara untuk Pilbup Mojokerto 2024 telah sampai di gudang Perum Bulog Kantor Cabang Surabaya Selatan di Jalan RA Basuni, Sooko, Mojokerto, Jumat, 18 Oktober 2024. 

Gudang Perum Bulog Kantor Cabang Surabaya sebelumnya memang telah disewa oleh KPU Kabupaten Mojokerto. Surat suara diangkut menggunakan truk boks tersebut selanjutnya akan menjalani proses sortir dan pelipatan Surat suara

Logistik berupa surat suara Pilbup Mojokerto 2024 tersebut diambil dari percetakan di Nganjuk dengan dikawal pihak keamanan, selain itu Bawaslu Kabupaten Mojokerto juga turut mengawasi kedatangan logistik tersebut. 

"Jumlahnya ada sebanyak 869.583 lembar, jumlah tersebut sudah termasuk 2,5 persen cadangan. Setelah ini akan ada  proses persortiran dan pelipatan," terang Afnan Hidayat, Ketua KPU kabupaten Mojokerto kepada Disway Mojokerto. 


Surat suara saat tiba di gudang Bulog Cabang Surabaya Selatan. - Foto : dok. KPU Kabupaten Mojokerto-

Selanjutnya, surat suara  masih tersegel itu akan dibuka dan dilakukan sortir dan pelipatan yang diperkirakan akan dilakukan oleh 150 - 200 tenaga kerja. 

"Proses pelipatan membutuhkan waktu sekitar dua minggu. Dan surat suara bentuknya berbeda dari pemilu dan ini agak kecil. Selain itu prosesnya juga akan cepat pelipatannya karena calonnya cuman dua," bebernya. 

Untuk surat suara pada Pilbup Mojokerto 2024 ini berwarna biru mudah, sedangkan untuk Pilgub Jatim berwarna merah maroon. 

BACA JUGA:Bentrokan Geng Allstars Mojokerto dan Timur Gangster Jombang di Mojokerto, Polisi Ringkus 4 Pelaku

BACA JUGA:Bawaslu Goes to School Ajak Pemilih Pemula Sebagai Agen Perubahan dalam Proses Demokrasi

Sejauh ini, logistik untuk tahap pertama sudah datang dan ada di gudang Perum Bulog Kantor Cabang Surabaya Selatan telah disewa KPU Kabupaten Mojokerto meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, sampul, kabel ties. 

Sedangkan logistik belum datang yakni, daftar pasangan calon, formulir C hasil, formulir C salinan, Alat Bantu Tuna Netra (ABTN), dan sampul kubus.

Sumber:

b