Kebakaran Hutan di Gunung Welirang Pacet Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Hutan di Gunung Welirang Pacet Berhasil Dipadamkan

Karhutlah di Gunung Welirang berhasil dipadamkan-Dok Tahura-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Setelah sebulan lebih, kebakaran hutan (karhutla) yang terjadi di Gunung Welirang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, sejak 4 Agustus 2023, akhirnya berhasil dipadamkan. 

“Pada pukul 16.00 WIB, titik api yang berada di wilayah Kecamatan Pacet pada Blok Curah Kluntung, Blok Banggul Adem, Blok Lali Jiwo, Blok Coban Luku api dinyatakan sudah padam,” terang Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto, Abdul Khakim, Minggu (10/9/2023).

Khakim menjelaskan, dalam penanganan kebakaran, tim melakukan pemadaman dengan menggunakan alat tradisional (kebyok, ranting pohon dan menggunakan sekat bakar). Sebanyak 42 orang terdiri dari personil Tahura R. Soerjo, relawan dan Masyarakat Peduli Api (MPA) sudah turun melalui jalur via Pulosari.


Para relawan berjibaku menggunakan alat seadanya memadamkan api di Gunung Welirang-Dok. Tahura-

“Posko karhutla tetap dibuka sampai dengan batas waktu yang tidak ditentukan. Pada malam hari (kemarin, red) ini tidak ada giat penyisiran, petugas posko karhutla melakukan pantauan secara visual Gunung Welirang dari posko karhutla Pacet Mojokerto. Bila mana terjadi muncul titik api maka tim yang berada di posko segera menindaklanjuti,” terangnya.

Menurutnya, penyebab kebakaran diduga berasal dari Gunung Arjuna yang berada di wilayah Kabupaten Malang kemudian merembet ke wilayah Pacet Kabupaten Mojokerto. Material yang terbakar ilalang, semak belukar, dan cemara hutan. Luas area yang terbakar masih dalam tahap perhitungan.

Akibat kebakaran ini, jalur pendakian dan semua wisata yang berada di Tahura ditutup sampai batas yang tidak ditentukan. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga keselamatan para pengunjung.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di kawasan Gunung Welirang sampai situasi benar-benar aman,” tandasnya. (*)

Sumber:

b