Dua Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu 2024 Bakal Dipasang CCTV oleh KPU Kabupaten Mojokerto

Dua Gudang Penyimpanan Logistik Pemilu 2024 Bakal Dipasang CCTV oleh KPU Kabupaten Mojokerto

KPU Kabupaten Mojokerto saat meninjau gudang penyimpanan logistik pemilu 2024-Dok. KPU Kabupaten Mojokerto-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Gudang penyimpanan logistik Pemilu 2024 bakal dipasang kamera Close Circuit Television (CCTV) oleh KPU Kabupaten Mojokerto.

KPU Kabupaten Mojokerto sebelumnya menyewa dua gudang dengan ukuran masing-masing 1.140 meter persegi milik Bulog Cabang Surabaya Selatan di Jalan RA Basuni, Sooko yang dipilih sebagai lokasi tepat dan aman untuk menyimpan alat kelengkapan coblosan sebelum didistribusikan.

"Pemasangan CCTV di lokasi demi meminimalisir potensi kecurangan dan tindak kriminalitas selama empat bulan tahapan pemilu berjalan," ucap Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Buchori, Senin (13/11/2023).

Pihak KPU Kabupaten Mojokerto akan berkoordinasi dengan Polres Mojokerto untuk memberikan keamanan pada logistik, dengan tujuan tak lain memantau situasi gudang dari potensi gangguan kecurangan.

"Kamera akan dipasang di dalam dan luar gudang akan terkoneksi dengan KPU demi memudahkan pemantauan dan penyisiran termasuk menyiagakan petugas penjagaan selama 24 jam penuh selama proses persiapan hingga penghitungan nanti," bebernya.


Dua gudang logistik KPU Kabupaten Mojokerto yang bakal dipasang CCTV-Dok. KPU Kabupaten Mojokerto-

Muslim menambahkan bahwa alasan dipilihnya dua gudang bulog karena areanya luas dan representatif. Selain itu, kedekatan jarak dengan kantor KPU juga menjadi alasan utama KPU dalam mempermudah koordinasi.

"Areanya luas sehingga sangat siap untuk menyimpan dan merapikan puluhan ribu logistik akan tiba dalam waktu dekat,’’ujarnya.

Sesuai kebutuhan, dua gudang Bulog tersebut nantinya akan diisi dengan berbagai macam alat kelengkapan seperti kotak dan bilik suara baru, tinta, kabel ties, surat suara dan form penghitungan.

"Saat ini KPU Kabupaten Mojokerto kedatangan logistik berupa segel plastik sejumlah 86.008 pcs. Selain itu beberapa logistik Pemilu 2024 belum datang, seperti tinta, stempel, formulir, amplop, dan lain-lain, termasuk kotak suara Pemilu 2024 masih menunggu kedatangan," tambahnya. (*)

Sumber:

b