HUT ke 79 RI Tjiwi Kimia

Muhammad Ali Kuncoro Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Mojokerto, Ini Sederet Riwayat Jabatannya

Muhammad Ali Kuncoro Dilantik Sebagai Pj Wali Kota Mojokerto, Ini Sederet Riwayat Jabatannya

Mohammad Ali Kuncoro saat diambil sumpahnya sebagai PJ.Wali Kota Mojokerto. (Foto : dok. Diskominfo Kota Mojokerto).--

Mojokerto, mojokerto.disway.id  - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, melantik Muhammad Ali Kuncoro sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Mojokerto di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (10/12/2023). Pelantikan ini dilakukan menyusul berakhirnya masa jabatan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari pada 9 Desember 2023.

Usai dilantik, Muhammad Ali Kuncoro menyampaikan visi dan misinya sebagai Pj Wali Kota Mojokerto. Ia menyebutkan bahwa akan fokus pada tiga isu utama, yaitu inflasi, stunting, dan kemiskinan. Ia juga mengapresiasi kinerja Ika Puspitasari telah membawa Kota Mojokerto menjadi lebih maju.

“Setiap kebijakan pertama harus tumbuh dan berdampak. Kami akan menyusun strategi untuk mewujudkannya. Untuk prioritas inflasi, stunting, dan kemiskinan. Hal lain saya pikir capaian Ning Ita sangat luar biasa. Ini tugas kami sebagai pejabat baru untuk mencari spektrum baru untuk membawa Kota Mojokerto ke depan semakin bagus,” ujarnya.

Menjawab pertanyaan terkait dengan Pemilu 2024, Ali menegaskan bahwa ASN harus netral, demikian pula dengan ASN Kota Mojokerto. ''2024 itu ada pilpres dan ada pileg. Semua jajaran ASN di Pemkot Mojokerto harus bisa menjaga netralitas. Pemilu bisa berlangsung lancar, jujur dan adil. Dan ini pesta demokrasi, semuanya harus bahagia, semua harus happy, kalau ada perbedaan itu rahmatan lil alamin,'' tegasnya.

BACA JUGA:Gubernur Jatim Lantik M Ali Kuncoro Sebagai PJ Wali Kota Mojokerto

Terkait masalah stunting, ia mengaku bahwa data Kota Mojokerto lebih baik dari Kabupaten Mojokerto. Namun, masalah ini akan dikaji lebih lanjut. “Stunting tentunya akan dikaji lagi,” tambahnya.

Muhammad Ali Kuncoro memiliki latar belakang cukup beragam. Sebelum dilantik menjadi Pj Wali Kota Mojokerto, ia pernah menjabat sebagai Ajudan Bupati Mojokerto pada tahun 2000.

Pernah menjabat sebagai Kabag Pemeliharaan Bagian Umum pada tahun 2004, Sekretaris Camat Dlanggu pada tahun 2008.

Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto pada tahun 2010, Sekretariat Dinas Perhubungan Kabupaten Mojokerto pada tahun 2012.

Sekretariat Dinas Peternakan dan Perikanan pada tahun 2014.

SATPOL PP Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2017.

Kepala Sub Bagian Protokol di Biro Humas dan Protokol SETDA Provinsi Jawa Timur pada tahun 2019.

Kepala Bagian Rumah Tangga di Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur pada tahun 2020.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jawa Timur pada tahun 2021, dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim sejak Juni 2023.

Sumber:

b