TKM Expo 'Fantastik Festival', Kemnaker RI Perkenalkan Produk TKM di Mojokerto

TKM Expo 'Fantastik Festival', Kemnaker RI Perkenalkan Produk TKM di Mojokerto

Bupati Mojokerto, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, dan Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja, Kementerian Tenaga Kerja RI saat membuka secara langsung TKM Expo Kemnaker RI tahun 2023 di Stadion Gajah Mada.- (Foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto)-

Mojokerto, mojokerto.disway.id - Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker RI) mengadakan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) Expo tahun 2023 dengan tema ‘Fantastik Festival’. Acara ini bertujuan memperkenalkan produk-produk TKM kepada masyarakat luas dan menciptakan perluasan kesempatan kerja. TKM Expo berlangsung di Stadion Gajah Mada Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto, pada tanggal 22-23 Desember 2023.

 

Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI Titik Masudah, dan Direktur Bina Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker RI Iwan Darmawan secara resmi membuka TKM Expo pada Jum'at (22/12/2023). Mereka memanah anak busur ke layar videotron sebagai simbol dukungan kepada TKM.

TKM Expo melibatkan sekitar 100 TKM dari berbagai wilayah di Kabupaten Mojokerto dan Provinsi Jawa Timur. Mereka menampilkan produk-produk unggulan yang berbasis usaha mikro, kecil, dan menengah. TKM Expo juga menjadi ajang untuk membangun jejaring kerjasama antara TKM dan stakeholder terkait.

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengungkapkan, kegiatan tersebut diinisiasi  Kemnaker RI untuk memperkenalkan produk-produk TKM kepada masyarakat. Sehingga harapannya dapat mengajak dan menyerap tenaga kerja ikut bergabung dalam usaha mandiri.

“Expo ini dilaksanakan di Kabupaten Mojokerto untuk memberi kesempatan kepada para pelaku usaha mikro kecil di Kabupaten Mojokerto. Para TKM Kabupaten Mojokerto itu adalah warga kita semua untuk menampilkan produk-produknya dan masyarakat akan tahu semuanya bagaimana produk dari para pelaku usaha mikro dan kecil di Kabupaten Mojokerto,” ucapnya.

Ikfina juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI karena telah diberikan kesempatan melaksanaan TKM Expo Kemnaker RI tahun 2023 di Bumi Majapahit. Sehingga diharapkan kegiatan tersebut membawa keberkahan kepada semua,  khususnya masyarakat Mojosari dan sekitarnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan RI, Titik Masudah mengungkapkan, jika pelaksanaan TKM Expo Kemnaker RI tahun 2023 tersebut merupakan salah satu wujud  pelaksanaan sembilan lompatan besar di Kemnaker RI, sehingga dapat mendukung untuk memperluas kesempatan kerja dan mengatasi jumlah pengangguran.

“Program TKM Expo diharapkan dapat memberikan dorongan bagi TKM sendiri dan bentuk dari community development di lingkungan wilayah TKM tersebut berada. Pada tahun 2023 ini Kemnaker telah merencanakan memberikan bantuan modal usaha kepada 11.000 kelompok TKM di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Sampai Desember tahun 2023 ini telah disalurkan sebanyak 10.955 kelompok TKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk wilayah Kabupaten Mojokerto sampai  tahun 2023 terdapat kurang lebih 173 TKM menerima bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI.

“Alasan utama dipilihnya pelaksanaan TKM Expo di Bumi Majapahit yakni adanya potensi disektor wisata baik sektor alam, budaya, dan religi. Sehingga dapat mendukung pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Mojokerto. Pelaksanaan TKM Expo ini dapat memberikan inspirasi bagi calon TKM di Bumi Majapahit dan sekitarnya,” bebernya.

Dari hasil Expo tersebut diharapkan adalah momen penting untuk melakukan perbaikan serta memberikan semangat untuk meningkatkan kompetensi dari TKM yang sudah menerima bantuan.

“Dalam upaya perluasan kesempatan kerja sehingga batuan ini dapat terus berkembang dan berkelanjutan,” tambahnya.

Rangkaian kegiatan TKM Expo Kemnaker RI tahun 2023 ini juga dimeriahkan dengan penampilan group musik D’Masiv. Selain itu, terdapat pula pasar rakyat, temu raya TKM, kuliner dan hiburan dari Arlida Putri, Kelik serta Cak Percil.

Ada juga Senam Zumba dan fun game dengan berbagai hadiah doorprize menarik. Serta kegiatan uleg sambel ikan wader yang menjadi ikon Kabupaten Mojokerto. Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah dijadwalkan hadir  Sabtu (23/12/2023). (*)

Sumber:

b